- Advertisement -spot_img

Peringati HPN ke-76, Forkopimda Kab. Malang Gelar Upacara

Malang, Sigap88 – Momen Hari Pahlawan Nasional (HPN) ke- 76 Tahun, Forkopimda Kabupaten Malang menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, di Pendopo Kabupaten Malang, Kepanjen. Rabu (10/11/2021)

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Bupati Malang H.M. Sanusi, Kapolres Malang AKBP R. Bagoes Wibisono, Kasdim 0818 /Kabupaten Malang-Batu Mayor Arh. Joko Istianto, Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi, Kajari Kabupaten Malang Edi Handojo, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Malang Ronald Salnofri Bya, Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, Perwakilan Pejabat Eselon Pemkab Malang dan Perwakilan LVRI Kabupaten Malang.

Bupati Malang H.M. Sanusi, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, berkesempatan membacakan sambutan Hari Pahlawan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.

Dalam sambutan yang dibacakan, “Dengan semangat, tekad, dan keyakinan Pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan, dan kebodohan dalam arti luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”.

“Negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan. Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik devide et Impera atau politik adu domba”.

“Para pendiri bangsa ini menyadarinya dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. Inilah pelajaran berharga. Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan”.

“Kita sadar bahwa kita berbeda-beda, tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928”.

“Kita harus terus menggelorakan semangat Gotong royong serta Persatuan dan Kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi”, Ucap Bupati dengan penuh semangat.

“Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 marilah kita bersama-sama bahu-membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas dasar pengorbanan para Pahlawan memberikan kontribusi bagi Bangsa dan Negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing,” Lanjut dia.

“Sebagai penghormatan atas jasa para Pahlawan yang telah mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, marilah kita bersama-sama melakukan Hening Cipta waktu senja secara serentak selama 60 detik pada hari ini tanggal 10 November 2021 pukul 18.15 waktu setempat, di manapun kita berada seraya Berdoa semoga Amal Ibadah yang dilakukan para Pahlawan mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT”

“Dengan memahami dan menghormati kesepakatan bersama Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan Undang-Undang Dasar 1945, semoga kita menjadi pemenang dalam kehidupan normal baru. Kobarkan semangat tekad dan keyakinan para Pahlawan, jadikanlah Pahlawan sebagai inspirasi di setiap langkah kehidupan kita, Selamat Hari Pahlawan Tahun 2021,” Tutur Bupati diakhir penyampaianya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal