Percepatan Vaksinasi, Dinkes Sumenep Gelar Vaksinasi di Kecamatan Rubaru

112

Sumenep | Sigap88 – Dinas Kesehatan Sumenep, Madura, Jawa timur melakukan langkah percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang terselenggara di Pendopo Kecamatan Rubaru. Minggu (20/6/2021).

Masyarakat di 11 Desa yang di bawah naungan Kecamatan Rubaru antusias melakukan vaksinasi Covid-19 yang di bimbing oleh para panitia pelaksana baik dari Forpimka Rubaru dan petugas medis dari Puskesmas Rubaru serta dari utusan Polres Sumenep.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumenep Agus Mulyono, MCH yang langsung menghadiri pelaksanaan vaksinasi Covid-19 menyampaikan, kegiatan ini merupakan kebijakan Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH, MH melalui tim gugus Covid-19 melakukan gebyar vaksinasi massal yang di selenggarakan di beberapa titik di Kabupaten Sumenep.

“Ini merupakan upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi yang di laksanakan oleh tim gugus untuk mencapai kekebalan kelompok terhadap Covid-19,” ungkap Kadinkes Agus Mulyono.

Sesuai dengan jadwal yang di buat bersama oleh tim Gugus Covid setiap kecamatan di target 2500 orang yang tervaksin di setiap kecamatan.

Sehingga, nantinya akan mencapai target sekitar 21.000 dosis dalam kurun waktu satu Minggu. “Sasaran yang akan di capai khusus kepada pelayan publik termasuk Guru dan Lansia dengan menggunakan vaksin Sinovac dan vaksin Astrazenika,” Terangnya.

Dengan begitu di harapkan nantinya masyarakat Kabupaten Sumenep tidak akan terpapar Covid-19 apalagi varian baru yang berasal dari India (v1617.2).

“Upaya ini merupakan upaya yang di lakukan oleh tim gugus tugas dan semua stakeholder tingkat Kabupaten hingga tingkat desa untuk melindungi masyarakat agar tidak terpapar Covid-19,” jelasnya.

Kadinkes Agus juga mengimbau kepada semua masyarakat agar tetap disiplin menerapkan 5M “akan di lakukan teaching oleh tim Puskesmas bersama tim kecamatan ke Desa-desa bagi mereka yang terkonfirmasi Covid-19,” ujarnya.

Kabupaten Sumenep telah menyiapkan tempat untuk isolasi, seperti di REDC, RSUD Moh Anwar, dan RSI Garam Kalianget

“Untuk mencegah penularan Covid-19, Pemkab Sumenep melakukan penyekatan di perbatasan Sumenep-Pamekasan dengan dilakukan Rapid tes Genus, serta tes Swab antigen dan di sediakan vaksinasi,” tandasnya.

Camat Rubaru Arif Susanto, AP. M.Si saat di temui oleh media sigap88.com menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat Kecamatan Rubaru merupakan hasil kerjasama dengan lintas sektor, baik dari gugus Covid, Puskesmas Rubaru, TNI/Polri, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan tokoh Agama.

“Giat ini untuk mempercepat realisasi pemberian vaksinasi kepada Masyarakat,” kata Camat Rubaru, Arif Susanto.

Yang tujuannya, kata Camat Arif untuk memberikan kekebalan kepada tubuh dan meningkatkan imun. “Apabila sudah tervaksin maka tubuh akan mempunyai kekebalan untuk mengcounter virus Corona,” ucap Camat Arif.

“Untuk memberikan semangat kepada masyarakat maka, sesuai dengan kesepakatan dengan Forpimka Rubaru dan Kepala Desa se Kecamatan Rubaru memberikan sembako kepada masyarakat yang telah di vaksin,” jelasnya.

Sementara, Kapolsek Rubaru Iptu Suparjiyo menyampaikan, kami bersama Forpimka melakukan edukasi kepada masyarakat Kecamatan Rubaru manfaat vaksinasi bagi tubuh.

“Kami all aot bersama Forpimka memberikan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat vaksinasi bagi tubuh dan Insya Allah target 2500 orang tervaksin dapat tercapai,” kata Kapolsek Rubaru Iptu Suparjiyo. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE