Pemkab Sumenep Bakal Bangun Embung di Desa Montorna

141

Sumenep | Sigap88 – Antisipasi kekeringan di Desa Montorna, Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang setiap tahunnya mengalami kering kritis, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep akan membangun Embung di daerah tersebut.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH, MH, menyampaikan kepada awak media bahwa, mengantisipasi kekurangan air dikarenakan di Desa Montorna dalam setiap tahunnya mengalami kering kritis maka diperlukan pembangunan Embung. Pembangunan Embung Montorna, Pemkab Sumenep telah mengusulkan kepada Kementerian PUPR sejak tahun 2019.

“Alhamdulillah pengusulan tersebut bisa di terima dan Insya Allah akan terealisasi tahun 2021 ini,” kata Bupati Achmad Fauzi Rabu (9/6/2021).

Karena, proyek ini dananya dari Anggara Pendapatan Belanja Negara (APBN) maka proses lelangnya dilakukan oleh Balai besar Wilayah Sungai Brantas di Surabaya.

Melalui pembangunan Embung, nantinya masyarakat Desa Montorna dapat memanfaatkan airnya untuk irigasi maupun untuk bahan baku. “Dengan begitu diharapkan masyarakat bisa mempergunakan airnya di saat musim kemarau,” terangnya.

Sementara, Kepala Desa Montorna, Junaidi menyampaikan, kami sangat bersyukur sekali tahun ini akan di bangun Embung untuk penampungan air di Desa Montorna.

“Dengan adanya Embung air semoga dapat menyelesaikan permasalah kekurangan air bagi masyarakat Desa Montorna,” kata Kades Junaidi.

Menurutnya, setiap tahun masyarakat Desa Montorna selalu kekurangan air sehingga selalu membeli air dari luar Desa Montorna. “Desa Montorna merupakan wilayah yang masuk zona kering langka dan kering kritis, banyak sumur warga apabila musim kemarau menyusut airnya bahkan mengalami kering,” jelasnya.

“Apabila terealisasi Embung air, sangat membantu masyarakat dan dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat Montorna,” harapnya. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE