- Advertisement -spot_img

Pemkab Sumenep Apresiasi Pelaksanaan SLCN

Sumenep | Sigap88 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sumenep mengapresiasi adanya Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) yang di selenggarakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur yang di laksanakan di kantor pelabuhan ikan Pasongsongan Senin (27/9) kemaren.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Rahman Riyadi, yang dalam kesempatan itu menghadiri langsung pembukaan SLCN menyampaikan kepada awak media, melalui SLCN para nelayan mampu meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para nelayan tentang keberadaan ikan dan cuaca yang terjadi saat melakukan aktifitas.

“Melalui SLCN in, para nelayan dapat informasi teknologi yang dimiliki oleh BMKG. Sehingga mampu menangkap ikan dengan titik yang pasti serta dapat mengetahui cuaca sehingga dari sisi keamanan terjaga,” kata Rahman.

Dirinya berharap,dengan di laksanakan nya SLCN mampu meningkatkan kapasitas para nelayan. “Para nelayan tidak hanya memikirkan hasil tangkapan saja akan tetapi dapat mengetahui informasi cuaca saat melaut,” jelasnya.

Sehingga, melalui SLCN, selain dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan, para nelayan dapat mencegah angka kecelakaan laut.

Rahman juga berhatap, sekolah Lapang Cuaca Nelayan ini bisa di terapkan di daerah lain di Kabupaten Sumenep, mengingat Kabupaten Ujung timur Madura ini di kelilingi oleh pesisir pantai dan memiliki 126 kepulauan, dengan rincian 48 pulau berpenghuni dan 78 pulau tidak berpenghuni.

“Setidaknya, dengan banyaknya kepulauan dan masyarakat Kabupaten Sumenep banyak berprofesi nelayan maka, diharapkan SLCN bisa dilaksanakan di setiap kecamatan yang masyarakatnya nelayan,” harapnya.

Sehingga para nelayan di Kabupaten Sumenep dapat kesempatan untuk mengetahui dan mampu meningkatkan kapasitas dan keselamatan melalui pembelajaran yang di sampaikan nanti.

Sementara itu, Kepala MKG Jawa Timur, Taufiq Hermawan mengatakan, di selenggarakannya SLCN ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat nelayan melalui kelompok nelayan Tradisional dalam memahami dan menggunakan informasi cuaca BMKG

“Edukasi ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemahaman cuaca kemaritiman. Sehingga nelayan bukan mencari ikan, akan tetapi menangkap ikan,” ungkap Taufiq.

Hal itu, kata Taufiq, para Nelayan mampu melihat dan memorediksikan cuaca wilayah perairan laut yang itu bisa dilihat melalui website maupun melalui media sosial.

“Dengan adanya SLCN diharapkan membantu nelayan dari segi pengetahuan melaut agar aman, pintar, dan sejahtera,” tukasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
spot_img
spot_img

Opini

3,324FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
404PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Mulalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad ๏ทบ Mari Kita Tingkatkan Imam dan Taqwa Pada Masa Pandemi Covid 19

DALAM firman-Nya, Allah Subhanahu wa Taโ€™ala memerintahkan kita untuk selalu bershalawat kepada Rasulullah. Perintah ini terdapat dalam Alquran yang artinya: โ€œSesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.โ€ (QS. Al-Ahzab ayat 56)

Mari terus memperbanyak salawat. Di saat pandemi, mari sambut hari kelahiran pembawa risalah Islam Rahmatan Lil โ€˜alamin ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan

Rasulullah๏ทบ adalah manusia terbaik, mari kita teladani di sepanjang hidup kita

Seseorang Akan Bersama Orang Yang Ia Cintai

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ุณูŽุฃูŽู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู…ูŽุชูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชู ู„ูŽู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ูƒูŽุซููŠุฑู ุตูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ุตูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽู„ูŽุง ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ููŠ ุฃูุญูุจู‘ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ู…ูŽุนูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุญู’ุจูŽุจู’ุชูŽ โ€œDari sahabat Anas, sesungguhnya seorang laki-laki bertanya kepada Nabi, kapan hari kiamat terjadi ya Rasul? Nabi bertanya balik, apa yang telah engkau persiapkan? Ia menjawab, aku tidak mempersiapkan untuk hari kiamat dengan memperbanyak shalat, puasa dan sedekah. Hanya aku mencintai Allah dan Rasul-Nya. Nabi berkata, engkau kelak dikumpulkan bersama orang yang engkau cintai.โ€ (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Exclusive content

Sosial & Budaya

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal

- Advertisement -spot_img