- Advertisement -spot_img

Pemkab Sidoarjo Gelar Penyuluhan Bimbingan Jabatan BKK Sekolah Kejuruan

Sidoarjo, sigap88.com – Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Tenaga Kerja(Disnaker) Kabupaten Sidoarjo rutin gelar penyuluhan bimbingan jabatan Bursa Kerja Khusus (BKK) sistem antar kerja dalam jejaring info lowongan kerja Antar Kerja Lokal (AKL), Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) serta Antar Kerja Antar Negara (AKAN) bagi siswa SMK. Kali ini dilakukan di SMK TPI Gedangan, Rabu, (16/9)

Kegiatan penyuluhan tersebut dibuka Sekretaris Daerah/Sekda Sidoarjo Drs. Ahmad Zaini MM yang mewakili Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali S.IP.

Ahmad Zaini mengatakan kegiatan ini untuk memfasilitasi lulusan SMK untuk terjun ke dunia kerja. Pemkab Sidoarjo menyediakan bursa kerja khusus dengan lowongan kerja yang dapat dipilih. Seperti lowongan kerja Antar Kerja Lokal (AKL), Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) serta Antar Kerja Antar Negara (AKAN)

โ€œLokal Sidoarjo, antar daerah kabupaten kota dan antar negara, ini peluang kerjanya, dan itu sudah di range/himpun oleh Disnaker,โ€ucapnya.

Dikatakannya data peluang kerja lokal, antar daerah maupun antar negara sudah dimiliki Disnaker Sidoarjo.

“Perusahaan mana saja yang menerima pegawai sudah tercatat oleh Disnaker. Seperti yang saat ini sedang dilakukan penjajakan kerjasama dengan dua perusahaan yang berada di Jepang” terangnya.

Namun, lanjut Zaini, lulusan SMK harus lebih meningkatkan kompetensinya. Dikatakannya banyak faktor untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK.

“Selain dari peran gurunya juga dari sarana dan prasarana sekolah. Seperti terdapat akses praktek di dalam sekolah maupun diluar sekolah”. jelasnya

Sehingga kata Ahmad Zaini, “yang didapat disekolah bisa dipraktekkan didunia usaha dunia kerja, kalau itu sudah terjalin, insyaallah kompetensi anak-anak itu pasti bagus,โ€ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Disnaker Kabupaten Sidoarjo, Dr. Feny Apridawati mengatakan kegiatannya kali ini untuk mewujudkan visi dan misi bupati dan wakil bupati menciptakan 100 ribu lapangan kerja baru.

Dikatakannya tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Sidoarjo tertinggi di Jawa Timur. 10,97 persen. Kontribusi terhadap tingkat pengangguran disumbang lulusan SMK dan SMA.

โ€œArtinya akses teman-teman SMK untuk lapangan kerja baru harus di prioritaskan dan menjadi PR bersama,โ€ucapnya.

Oleh karenanya melalui kegiatan seperti ini diharapkan lulusan SMK langsung mendapatkan pekerjaan.

Namun Pemkab Sidoarjo menurut Fenny lebih memilih bila lulusan SMK bisa menjadi pengusaha. Pasalnya menjadi pengusaha akan menciptakan lapangan kerja baru.

โ€œKalau jadi pengusaha, satu orang bisa mengajak temannya bekerja, sehingga multiplier effect terhadap penurunan tingkat pengangguran terbuka akan lebih efektif,โ€ucapnya.

Sementara, Kepala SMK TPI Gedangan Ashari S.Pd mengatakan kegiatan seperti ini bisa memberikan pengalaman dan bimbingan anak didiknya saat memasuki dunia kerja nanti.

Selain itu lewat penyuluhan seperti ini akan memberikan peluang siswanya untuk dapat bekerja selepas lulus nantinya.โ€œInsyaallah tahun mendatang siswa kami bisa magang ke Jepang,โ€ucapnya.(Yuli)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
spot_img
spot_img

Opini

3,324FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
404PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Mulalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad ๏ทบ Mari Kita Tingkatkan Imam dan Taqwa Pada Masa Pandemi Covid 19

DALAM firman-Nya, Allah Subhanahu wa Taโ€™ala memerintahkan kita untuk selalu bershalawat kepada Rasulullah. Perintah ini terdapat dalam Alquran yang artinya: โ€œSesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.โ€ (QS. Al-Ahzab ayat 56)

Mari terus memperbanyak salawat. Di saat pandemi, mari sambut hari kelahiran pembawa risalah Islam Rahmatan Lil โ€˜alamin ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan

Rasulullah๏ทบ adalah manusia terbaik, mari kita teladani di sepanjang hidup kita

Seseorang Akan Bersama Orang Yang Ia Cintai

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ุณูŽุฃูŽู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู…ูŽุชูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชู ู„ูŽู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ูƒูŽุซููŠุฑู ุตูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ุตูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽู„ูŽุง ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ููŠ ุฃูุญูุจู‘ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ู…ูŽุนูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุญู’ุจูŽุจู’ุชูŽ โ€œDari sahabat Anas, sesungguhnya seorang laki-laki bertanya kepada Nabi, kapan hari kiamat terjadi ya Rasul? Nabi bertanya balik, apa yang telah engkau persiapkan? Ia menjawab, aku tidak mempersiapkan untuk hari kiamat dengan memperbanyak shalat, puasa dan sedekah. Hanya aku mencintai Allah dan Rasul-Nya. Nabi berkata, engkau kelak dikumpulkan bersama orang yang engkau cintai.โ€ (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Exclusive content

Sosial & Budaya

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal

- Advertisement -spot_img