Pemkab Pamekasan Akan Merealisasikan Program Pembinaan dan Pelatihan Melalui DBHCHT

94

Pamekasan | Sigap88 – Anggaran Dana yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) bidang kesejahteraan masyarakat Tahun 2021 telah di gelontorkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa timur.

Alokasi tersebut secara khusus akan dipergunakan dalam program pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja buruh rokok di Kabupaten Pamekasan.

Besaran anggaran yang akan di gelontorkan Rp 839 juta, guna kegiatan pemutakhiran kinerja yang akan di laksanakan oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenaga kerjaan (DPMPTSP Naker) Kabupaten Pamekasan .

Teknisnya, pihak DPMPTSP naker akan bekerja sama denga 4 pabrik rokok yang ada di Pamekasan. “Kami sudah melakukan sewa peralatan pabrik rokok untuk fasilitas dan alat pelatihan bagi yang telah di tunjuk untuk mengikuti pelatihan,” kata PLT Kepala DPMPTSP naker Pamekasan Supriyanto. Jum’at (23/7)

Di jelaskan oleh Supriyanto, pihaknya menargetkan 220 peserta yang akan mengikuti pelatihan. Sedangkan perekrutannya di lakukan oleh tim fasilitator pelatihan wirausaha baru di masing-masing kecamatan se Kabupaten Pamekasan.

“Kami mempunyai target 220 peserta se Kabupaten Pamekasan di 13 Kecamatan, yang nantinya para peserta yang mengikuti pelatihan sampai selesai dan yang di nyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat keterampilan kerja (SKTK),” terangnya.

Di jelaskan oleh kepala DPMPTSP Naker bahwa SKTK merupakan bukti pengakuan kompetensi seorang tenaga kerja di bidang produksi rokok. “Nantinya SKTK akan menjadi pertimbangan khusus untuk di terima kerja di pabrik rokok,” jelasnya.

Sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) setiap peserta yang telah di nyatakan lulus berhak mendapatkan bantuan transportasi sebesar Rp 350.000.

Pemkab Pamekasan juga akan memberikan pinjaman lunak kepada peserta yang lulus dengan besaran pinjaman Rp 5 juta, untuk dipergunakan modal usaha. “Selain sebagai buruh rokok di pabrik yang memfasilitasi, pemerintah juga memberikan pinjaman lunak dari koperasi,” tandasnya. (By)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE