Pemerintah RI Tetapkan Hari Raya Idul Fitri 1422 H Jatuh Pada Kamis 13 Mei 2021

40
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (dokumentasi Kementerian Agama)
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (dokumentasi Kementerian Agama)

Surabaya | SIGAP88 РPemerintah RI menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1422 H jatuh pada Kamis 13 Mei 2021. Keputusan tersebut berdasarkan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama(Kemenag) bersama sejumlah pihak.

Kesimpulan dalam sidang isbat yang dilakukan secara terbatas, baik daring maupun luring karena masih situasi pandemi Covid-19 tersebut diambil berdasarkan metode hisab dan rukyat.

“Baik metode hisab dan rukyat bukanlah metode yang dibenturkan, keduanya melengkapi satu dengan lainnya,” tutur Menteri Agama¬†Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers sidang isbat, Selasa (11/5/2021).

Yaqut mengatakan, hitungan hisab telah dikonfirmasi petugas Kementerian Agama di daerah yang ditempatkan di 88 titik dari Aceh sampai Papua di 34 wilayah di Indonesia. Dan dari 88 titik itu, tidak ada yang melaporkan melihat hilal.

“Maka berdasarkan hisab posisi hilal minus, dan secara rukyat hilal tidak terlihat, maka penetapan 1 Syawal di istikmalkan seperti dalam sidang isbat yang disepakati,” jelas Yaqut(*)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE