Pemdes Batu Putih Kenek Laksanakan Musdes RKP Desa Tahun 2022

Plt Camat Batu Putih Imbau Musdes RKP-Desa Harus Mengacu Kepada Prioritas

100
Musdes Desa Batu Putih Kenek, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Sumenep

Sumenep | SIGAP88 – Pemerintah Desa(Pemdes) Batu Putih Kenek, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melaksanakan Musyawarah Desa(Musdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun 2022, Senin(6/9)

Agenda tahunan tersebut digelar bersama-sama dengan Forum Komunikasi Kecamatan (Forkopimka), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beserta anggotanya, Tokoh Masyarakat dan Agama serta kelompok Wanita

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt Camat Batu Putih Mujib, S.Sos, M.Si. Dalam sambutannya, Mujib menyampaikan bahwa rencana kerja tahun 2022 ini berbeda dengan RKP Desa tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun 2021 kita mengacu pada Permendes nomor 07 tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2022 yang berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa” ungkap Mujib

Mujib menyampaikan, Musdes bisa dilaksanakan lebih dari dua kali, tidak hanya sekali tergantung dengan kebutuhan.”Setidaknya, apabila ada sesuatu pembahasan yang urgent di Desa maka diperlukan pembahasan lewat Musdes,” kata Mujib.

Dijelaskan Mujib, pembahasan pembangunan Anggaran tahun 2022 harus dirampungkan dalam pertengahan tahun 2021 sehingga, di tahun 2022 tinggal pelaksanaan. “Prioritas pembangunan yang akan terlaksana tahun 2022 harus mulai dibahas pertengahan 2021 dan segala prioritas dituangkan dalam RKP-Desa,” terangnya.

Tujuannya lanjut Mujib, untuk memberikan transparansi kepada masyarakat anggaran yang akan dialokasikan kepada pembangunan yang telah disepakati melalui RKP-Desa.

Pada kesempatan yang sama, Pj Kepala Desa Batu Putih Kenek, Supriyadi membenarkan pernyataan Mujib bahwa dalam musyawarah ini mereka betul-betul memperhatikan Prioritas Dana Desa tahun 2022 yang berbasis SDGs Desa.

Maka, dalam pembahasan kali ini kami bersama masyarakat menentukan titik pokok yang akan di bangun (prioritas). “Kami bersama perangkat dan masyarakat menentukan titik pembangunan prioritas yang akan di laksanakan di tahun 2022,” terangnya.Tujuannya lanjut Supriyadi, untuk memberikan transparansi kepada masyarakat anggaran yang akan dialokasikan kepada pembangunan yang telah disepakati melalui RKP-Desa.

Sementara itu, perwakilan dari Polsek Batu Putih Aiptu Nur Wahid menyampaikan, pembangunan akan semakin lancar apabila situasi dan kondisinya memungkinkan seperti, situasi Pandemi Covid-19 telah berakhir.

Maka dari itu kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan penerapan 5M dan laksanakan Vaksinasi.

Karena hal itu akan semakin mempercepat pemberantasan Covid-19 dan akan mendorong peningkatan ekonomi serta pembangunan berjalan dengan lancar.

“Apabila Covid-19 tidak sirna dari bumi Pertiwi kita maka, akan berakibat terhambatnya pembangunan karena dana yang seharusnya buat pembangunan di alihkan kepada kebutuhan darurat Covid-19,” tegas Nur Wahid.

Nur Wahid mengajak kepada masyarakat agar cepat melakukan vaksinasi, karena dengan melaksanakan vaksinasi akan menjadikan kekebalan kelompok, sehingga Covid-19 cepat sirnah dan kita dapat membangun desa dengan baik dan membangun ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE