- Advertisement -spot_img

Pembangunan RSUD Sidoarjo Barat Ditarget Selesai Akhir Tahun 2021

ReporterYuli Adi

Sidoarjo, Sigap88 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, targetkan Pembangunan RSUD Sidoarjo Barat yang berlokasi di Kecamatan Krian, selesai sesuai target awal pada akhir tahun 2021 ini. Pada awal November ini, atau memasuki pekan ke-18 dari proses konstruksi, tercatat capaian progres pembangunan fisik mencapai 50,4 persen dari target, Rabu (10/11/2021).

Capaian progress ini sesuai dengan target yang ditetapkan, bahkan sedikit lebih cepat, di mana target progres pada pekan ini yang harusnya berkisar di angka 49,9 persen atau capaiannya lebih cepat 0,5 persen dari target.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, pihaknya akan terus memantau perkembangan pembangunan RSUD Sidoarjo Barat, baik secara langsung maupun melalui aplikasi e-Kenda yang baru saja diluncurkan untuk memantau serapan anggaran pemerintah daerah.

“InsyaAllah akhir 2021 fisik gedung tuntas. Eksterior, interior, fungsi fisik secara umum beres akhir 2021. Beriringan dengan itu, hal-hal lain juga dikerjakan, mulai SDM, alat, hingga perizinan. Kita ingin tahun depan ini bisa digunakan melayani masyarakat,” ujar Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati Sidoarjo

Gus Muhdlor mengatakan, dirinya telah memberi penugasan khusus kepada Dinas PU Cipta Karya untuk menjaga tren positif realisasi pembangunan RSUD Sidoarjo Barat.

“Pembangunan Rumah Sakit Sidoarjo Barat ini adalah salah satu ikhtiar menghadirkan pemerataan fasilitas kesehatan bagi seluruh warga. Jadi tidak ada lagi warga Sidoarjo, khususnya di wilayah Barat seperti Krian, Tarik, Balongbendo, Wonoayu, Prambon yang harus menempuh jarak terlalu jauh untuk mendapat fasilitas kesehatan yang baik,” papar bupati muda itu.

Selain memeratakan layanan kesehatan, pembangunan RSUD Sidoarjo Barat ini sekaligus untuk membuka lapangan kerja dan menciptakan titik pertumbuhan ekonomi baru.

“Ketika beroperasi pasti akan menciptakan gerak perekonomian di wilayah sekitar, bisa membuka lapangan kerja dengan hadirnya usaha-usaha rakyat nantinya, mulai kuliner, pondokan, hingga berbagai jasa lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas PU Cipta Karya, Yanuar Santosa mengatakan. Pihaknya akan berusaha maksimal menyelesaikan pembangunan RSUD Barat sesuai dengan kontrak kerja yang berakhir pada 31 Desember 2021.

“Seperti yang diminta Bupati, pengawasan akan dilakukan setiap hari. Pengembang juga melaporkan setiap hari progres pengerjaannya,” ujarnya.

Saat ini, kata Yanuar, sedang dalam proses pengerjaan atap gedung A dan gedung B. Kedua gedung itu sudah dalam proses pemasangan atap. Termasuk pengerjaan instalasi sanitary, pengecatan dan pemasangan granit.

Dinas PU Cipta Karya bersama OPD yang masuk dalam tim percepatan pembangunan RSUD Barat seperti Dinas Kesehatan dan RSUD Sidoarjo terus berkoordinasi dalam membahas desain yang berkaitan dengan penempatan peralatan medis dan pelaratan penunjang lainnya.

“Kita sudah koordinasi untuk penyesuaian lay out. Lay out disesuasikan dengan rencana alat yang akan dipasang di RSUD Barat. Salah satunya alat CT Scan, mesin laundry, Central Sterile Supply Department, dan sebagainya,” terang Yanuar.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal