- Advertisement -spot_img

Pelatihan Job Training Tebangan, KPH Madura Terapkan Bucking Policy

Hasilkan kayu dengan nilai jual yang maksimal

ReporterKoesnadi

Pamekasan | Sigap88 – Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura melakukan pelatihan Job Training pembagian batang (Bucking Policy) kayu tebangan tahun 2022 untuk meningkatkan pemahaman tentang teknik penebangan kayu yang benar dan menghasilkan kayu dengan nilai jual yang maksimal

Hal itu disampaikan oleh Administratif (ADM) kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura Kelik Djatmiko disela-sela acara pelatihan job training yang berlangsung di petak 67c Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pamekasan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH)Madura Timur

“Kegiatan job training ini menikdaklanjuti atas kebijakan Divisi Regional Jawa Timur,” kata Kelik, Kamis (18/11).

Kelik mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 38 peserta, “meliputi segenap manajemen Perhutani KPH Madura, Asisten Perhutani (Asper), KRPH dan Mandor tebang dalam wilayah kerja Perhutani KPH Madura” terangnya.

Dengan kegiatan ini kata Kelik, diharapkan semua peserta lebih mengerti dan paham tentang teknik penebangan kayu yang benar dan tertib seperti pembagian batang (Bucking Policy) dan selanjutnya mampu menerapkan administrasi sesuai dengan sistem penatausahaan hasil hutan.

Selain itu, tujuan job training ini untuk memberikan pembinaan dan penyegaran untuk petugas di lapangan dengan menerapkan metode pembagian batang yang optimal.

“Ini dalam rangka menerapkan metode pembagian batang yang optimal yang nantinya menaikkan nilai ekonomi per pohon nantinya akan naik sesuai target yang diharapkan Perusahaan,” jelasnya.

Sedangkan kayu yang ditebang nantinya yang sudah memiliki barcode akan memuat informasi kayu hingga terdeteksi dimana posisi asal usul kayu tersebut. Ini untuk mempermudah melakukan lacak balak atau penelusuran asal kayu itu berasal dari petak mana,” ujarnya.

Sementara itu ditempat yang sama Kasi Kelola Produksi dan Ekowisata, Marinus menambahkan terkait ketertiban pelaksanaaan Penata Usahaan Hasil Hutan (PUHH) mulai pengisian Taksasi (DK.316) sampai dengan LMKHP DK.311.

“Dengan tertibnya tehnik dan admistrasi produksi tebangan dilapangan diharapkan hasil produksi kita tidak berubah baik jumlah fisik,volume dan mutunya. Mulai dari pembuatan dipetak tebangan sampai dengan TPK sehingga kayu cepat laku dijual untuk menambah penghasilan perusahan,” tukasnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal