SIGAP88.COM – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasional, serta memasarkannya.

Entrepreneurship atau kewirausahaan adalah “ The start – up and management of a business with great intitative and risk for profit ”. Pengertian tersebut menjelaskan bahwa, kewirausahaan adalah memulai dan mengelola bisnis dengan inisiatif dan resiko besar.

Dalam pengertian singkatnya kewirausahaan merupakan suatu kegiatan bisnis yang dijalankan oleh seseorang dalam mencari keuntungan dan memiliki berbagai resiko mulai dari resiko kecil hingga resiko besar.

Pengertian Kewirausahaan menurut para ahli antara lain :

Joko Untoro
Menurut Joko Untoro, pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Eddy Soeryanto Soegoto
Menurut Eddy Soeryanto Soegoto, pengertian kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

Siswanto Sudomo
Menurut Siswanto Sudomo, pengertian kewirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pembahasan yang sangat menarik dan penting untuk dikaji secara lebih mendalam.

UMKM ini merupakan kalangan industri lingkup kecil menengah kebawah. Biasanya para pelaku UMKM adalah bagi mereka yang mempunyai keterbatasan modal untuk mengembangkan usahanya.

Namun, meskipun memiliki keterbatasan modal, namun UMKM ini mampu dan bisa untuk mengurangi tingkat kemiskinan, rendahnya tingkat pendidikan masyarakat yang ada di Indonesia dan juga mengurangi tingkat pengangguran yang disebabkan oleh kurangnya lapangan pekerjaan.

Selain itu, mengurangi krisis utang luar negeri, ketimpangan distribusi pendapatan, serta berbagai aspek negatif lainnya, termasuk masalah urbanisasi dan defisit neraca pembayaran.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pengangguran bertambah 1,86 juta orang akibat pandemi Covid-19. Seperti yang kita ketahui kondisi perekonomian di Indonesia saat ini bisa di katakan down.

Para pemilik UMKM banyak yang resah dengan adanya penurunan tingkat pembelian konsumen selain itu bahkan banyak dari mereka yang gulung tikar atau menutup usahanya.

Banyaknya korban PHK atau pengurangan jumlah tenaga kerja yang dilakukan oleh pabrik-pabrik besar yang disebabkan karena adanya pandemi Covid-19. Di tengah ambruknya industri berskala besar karena pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung beberapa waktu yang lalu.

Namun, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemilik UMKM untuk mempertahankan usahanya agar dapat bertahan hidup dari pendapatan UMKM yang diterimanya.

Cara ini antara lain yaitu dengan memasarkan produknya di dunia Digital seperti misalnya di berbagai media masa.

Dengan adanya pemasarannya melalui media masa tersebut maka produk dari pemilik UMKM ini bisa dikenal banyak konsumen dan bisa di jangkau oleh konsumen dari berbagai penjuru dengan cara yang sangat mudah dilakukan.

Dengan adanya pemasaran melalui media massa ini sedikit banyak akan sangat membantu penjualan, sehingga bisa meningkatkan pemasaran dan juga nantinya akan meningkatkan pendapatan bagi pemilik UMKM sehingga bisa digunakan untuk bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19.

Peranan UMKM di Indonesia dalam menopang perekonomian nasional maupun regional dari tahun ke tahun, baik eksistensi, ketangguhan, maupun kontribusinya terus meningkat.

Hal ini dikarenakan UMKM tidak memiliki utang terhadap luar negeri dan bahan baku yang digunakan UMKM tidak bergantung kepada sumber bahan baku dari luar negeri.

Sektor-sektor UMKM ini antara lain pertanian, perdagangan, industri rumah tangga dan lain-lain. Semua bahan baku yang digunakan oleh UMKM menggunakan bahan baku lokal. Dapat dikatakan UMKM merupakan soko guru perekonomian nasional.

Sumbangan UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 54 persen sampai dengan 57 persen, dan kontribusinya terhadap penyerapan tenaga kerja sekitar 96 persen.

UMKM merupakan kegiatan usaha yang mampu untuk memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional.

Mengingat besarnya peran UMKM tersebut, maka pemerintah melalui instansi terkait, terutama Kementerian Koperasi dan UKM telah meluncurkan berbagai macam program bantuan.

Kebijakan Pemerintah Untuk Mendorong UMKM Cukup Serius.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008, tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menegaskan bahwa, usaha ini perlu diselenggarakan secara menyeluruh, optimal, dan berkesinambungan melalui pengembangan iklim yang kondusif, pemberian kesempatan berusaha, dukungan, perlindungan, dan pengembangan usaha seluas-luasnya.

Namun, biarpun pemasaran melalui media masa lebih mudah dijangkau oleh para konsumen, namun banyak juga pesaing yang datang.

Oleh karena itu para pemilik UMKM harus mampu berfikir kreatif tentang bagaimana cara pemasaran yang menarik dilakukan sehingga dapat menarik minat pembeli.

Cara menarik minat pembeli melalui pemasaran online atau pemasaran di media massa ini antara lain bisa dilakukan dengan cara memberikan Cashback atau promo-promo yang menarik supaya konsumen suka berbelanja di usaha miliknya.

Selain itu juga promo gratis ongkos kirim menurut saya faktor utama untuk memikat minat pembeli.

Karena ongkos kirim hal utama yang harus dilakukan oleh pembeli melalui sosial media (online).

Dengan adanya promo gratis ongkir ini nantinya konsumen akan sangat senang dan juga konsumen akan merasa mendapatkan rasa hormat yang diberikan oleh owner pemilik usaha.

Para pemilik UMKM bisa melakukan pemasarannya di dunia e-commerce seperti misalnya shopee, lazada, buka lapak dan masih banyak lagi lainnya.

Sehingga misal pemilik usaha melakukan promo untuk gratis ongkos kirim, nantinya tidak akan membuat kerugian karena ongkos kirim ini sudah ditanggung oleh pemilik e-commerce. Dan barang yang dijual di e-commerce ini nantinya akan lebih terkenal luas dan bisa dijangkau oleh seluruh konsumen di segala penjuru di bandingkan hanya memasarkan di media sosial seperti Instagram, Facebook dan WhatssApp.

Pemilik UMKM juga perlu mendapatkan pembekalan dari Pemerintah agar dapat menjalankan usahanya dengan berhati-hati dan juga berlandaskan Undang-Undang yang berlaku di negara Indonesia.

Pemberdayaan adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat dalam bentuk penumbuhan iklim usaha, pembinaan, dan pengembangan, sehingga usaha kecil mampu menumbuhkan dan memperkuat dirinya menjadi usaha yang tangguh dan mandiri, sebagaimana diatur menurut Undang-undang tentang Usaha Kecil.

Pembinaan dan pengembangan adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat melalui pemberian bimbingan dan bantuan penguatan, untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi usaha yang tangguh dan mandiri, sebagaimana diatur menurut Undang-undang tentang Usaha Kecil. (Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Nomor 2, tahun 2008).

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE