- Advertisement -spot_img

OP Tanjung Perak Sosialisasi Sistem “Portal Perak”

Permudah pelayanan yang masih dilakukan secara manual dan belum terakomodasi oleh sistem inaportnet

ReporterAbdul Hanan

SURABAYA | SIGAP88 – Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan laut (Ditjenhubla) Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak telah melakukan Sosialiasi sistem Perkantoran “Portal Perak”.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Yefri Meidison M. MAR. E dan di hadiri oleh perwakilan stakeholder serta para pengguna jasa di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak.

“Portal Perak merupakan sistem Aplikasi Pelayanan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak yang bertujuan untuk mengakomodir sistem pelayanan kepada masyarakat dan pengguna jasa pada Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak”, kata Yefri di sela-sela acara sosialisasi portal perak di salah satu hotel di kawasan Raya Darmo Surabaya, Selasa (19/10).

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Yefri Meidison M. MAR. E

Dipaparkan Yefri, Portal Perak dibuat khususnya untuk pelayanan yang masih dilakukan secara manual dan belum terakomodasi oleh sistem inaportnet.

“Sedangkan pembangunan Portal Perak ini, mengacu pada peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik dan peraturan presiden nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia”, jelasnya.

PORTAL PERAK memiliki 6 (enam) fungsi utama dan bisa langsung diakses pada laman situs www.portalperak.com

“Diantaranya, Sistem Informasi Pelayanan Kapal Tonase Kecil (SIKANCIL), Sistem Monitoring dan Evaluasi Data Kinerja (SIMASDIKI), Sistem Laporan Kegiatan Bulanan Secara Elektronik (e-REPORT), Sistem Rekomendasi Pembukaan Perusahaan (e-REKOM), Sistem Registrasi TKBM (e-TKBM), Sistem Online Pembayaran Pelayaran Rakyat (SOPPELRA)”, papar Yefri.

Kedepan lanjut Yefri, diharapkan Portal Perak terus dikembangkan agar seluruh layanan di lingkungan Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak dapat diakses melalui satu pintu dan diharapkan dengan dibangunya Portal Perak menjadi lebih efisien dan efektif, perijinan menjadi lebih mudah, transparan serta real time sehingga mampu mengurangi birokrasi

Menurutnya, dengan adanya IT yang terintergritas pihaknya mencoba merubah untuk menampung semua Kapal dibawah GT 35, serta betul-betul memanfaatkan globalisasi elektronik. Sedangkan diatas GT 35 selama ini sudah masuk akses Inaport

“Sistem Elektronik akses menggunakan aplikasi, Portal Perak dibuat untuk digunakan untuk pembayaran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) baik kedatangan/pemberangkatan Kapal. Jadi Perusahaab Pengguna Jasa tidak perlu lagi datang ke Kantor OP Tanjung Perak, cukup mengakses aplikasi tersebut” terang Yefri.

Disinggung volume kapal dibawah GT 35 yang masuk di Pelabuhan Tanjung Perak, Yefri mengatakan, selama sistem manual yang dipakai rata-rata yang dilayani mencapai 60-70 Kapal/hari.

“Maka dengan adanya Portal Perak mempermudah pelayanan, dan sistim ini masih sosialisasi nanti setelah di proses kita harus mendapat ijin dari pusat baru bisa di Launching” pungkasnya

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal