Menag Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada Selasa 20 Juli 2021

54

Jakarta | SIGAP88 – Menteri Agama(Menag) Yaqut Cholil Qoumas memimpin Sidang Isbat (penetapan) awal Dzulhijjah 1442 H atau Idul Adha 2021, Sabtu (10/7) sore.

Menag mengatakan, Hari Raya Idul Adha jatuh pada Selasa 20 Juli 2021. Sedangkan, awal Zulhijah jatuh pada Minggu, 11 Juli 2021, setelah hilal atau bulan baru terlihat pada hari ini

“Hilal terlihat atau teramati secara mufakat sehingga 1 Zulhijah 1442 Hijirah ditetapkan jatuh pada Ahad 11 Juli 2021. Dengan begitu hari raya Idul Adha jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021,” kata Yaqut.

Sidang isbat tetap melibatkan sejumlah unsur masyarakat. Mulai dari Duta Besar Negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), pimpinan ormas Islam, dan sebagainya.

Semua pihak telah diundang dan mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan secara virtual

Yaqut menambahkan, pemerintah sudah menetapkan aturan perayaan Idul Adha di wilayah zona PPKM darurat. Menag Yaqut pun telah menerbitkan aturan petunjuk teknis yaitu menutup sementara tempat ibadah di wilayah PPKM Darurat.

“Dengan menerbitkan edaran untuk meniadakan sementara di tempat tempat ibadah, terutama tempat tempat ibadah yang berpotensi menimbulkan kerumunan,” ucapnya.

Politikus PKB ini mengimbau masyarakat di wilayah PPKM Darurat mengikuti aturan dengan baik. Kata dia, persoalan pandemi harus diselesaikan dengan kompak.

“Pandemi Covid ini harus bisa kita atasi secara bersama sama dengan kerja sama baik dengan pemerintah dan masyarakat dengan pemerintah dengan pemeluk agama sehingga kita semua dengan kesadaran secara penuh dan direspon dengan aturan pemerintah,” pungkasnya.(S18/tim)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE