- Advertisement -spot_img

LPBHNU Muba Bongkar Koperasi NMSI Jatim Berkedok Investasi

KEDIRI, SIGAP88 – Banyaknya korban terkait investasi bodong madu klanceng yang diduga dilakukan oleh mantan ketua Koperasi Niaga Mandiri Sejahtera Indonesia (NMSI) berinisial CAH di Kediri, Lembaga Penyuluhan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBHNU) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, mengadakan On Air di Dhoho TV, Sabtu (2/10/2021).

Modus penipuan dan penggelapan yang dilakukan Ketua Koperasi NMSI yaitu dengan menjual 1 (satu) kotak lebah madu seharga Rp 1.300.000 (satu juta tiga ratus ribu rupiah). Sementara informasi dari suplier di Malang, satu kotak itu harganya paling mahal Rp 100.000 (seratus ribu rupiah).

Ketua LPBHNU Muba Fahmi. SH., MH, saat dimintai keterangan menjelaskan, para mitra tersebut, dijanjikan akan mendapatkan keuntungan dari budidaya madu sebesar Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) setiap 3 (tiga) bulan dari hasil penjualan madu klanceng. Namun saat seharusnya keuntungan tersebut diberikan kepada mitra pada Februari 2021 lalu, kepala Koperasi NMSI malah kabur.

“Dua minggu lalu kami ke Jawa Timur, kami investigasi bertemu dengan beberapa mitra, bertemu juga dengan dua karyawan, kami melakukan investigasi ke suplayer, kami juga mencoba bertemu Kapolda, tapi Kapolda Jatim tidak ada, dan kami bertemu Wadirkrimum Polda Jatim,” terang Fahmi.

Masih kata Fahmi.SH, MH, Wadirkrimum Polda Jatim mengatakan bahwa tidak tahu dengan hal tersebut, tapi berjanji akan membentuk tim untuk melakukan gelar perkara. Namun setelah LPBHNU MUBA kembali ke Sumatera Selatan, penanganan perkara ini belum berjalan.

“Mendapat support dari PCNU dan Pemkab Musi Banyuasin akhirnya kami berangkat lagi kesini untuk menindak lanjuti permasalahan ini, seiring berjalannya waktu masyarakat Jatim semakin banyak yang memberikan kuasa ke kami, termasuk hari ini 176 orang mitra dari Blitar,” bebernya.

Jumlah mitra koperasi NMSI dari Jawa Timur yang memberi kepercayaan kepada LPBHNU Muba untuk menuntaskan kasus penipuan tersebut setidaknya ada 500 orang ditambah mitra dari Sumatera Selatan sendiri ada 203 orang, dengan jumlah total kerugian mencapai Rp 13.000.000.000 (tiga belas miliar rupiah).

Laporan kasus investasi bodong ini sudah ada di Polda Jatim sejak bulan Februari 2021 lalu. Informasi terbaru yang diterima pihak LPBHNU Muba sudah ada pemanggilan dari Polda terhadap pengurus Koperasi, namun dari Polda Jatim tidak ada perkembangan kasus yang kongkrit. Dinilai Polda Jatim dalam menangani hal ini kurang transparan.

Fahmi menduga bahwa dalang utama dari kasus ini bukan hanya ketua koperasi NMSI, namun ada juga beberapa orang yang ikut serta. Sehingga bisa dikatakan, kasus ini adalah jaringan mafia, tidak mungkin pelaku tunggal ketua Koperasi. Kedepan, pihaknya akan membawa kasus ini ke Mabes Polri. Dia menuturkan, satu minggu lalu telah mengirim surat ke Kapolri untuk melakukan audiensi.

“Harapan kami ke Kapolri, karena ini sudah jaringan mafia, kami kira Polda Jatim tidak bisa menangani kasus ini, kami minta Mabes Polri yang akan menangani kasus ini, sekaligus kami juga akan melapor ke Mabes Polri,” pungkas Fahmi. SH., MH.

Sementara Gianto wicaksono ketua PUJA KESUMA (Putra Jawa Keluarga Sumatera) yang turut mengawal kasus ini mengatakan, berharap mendapatkan respon baik dari Pemerintah Jatim khususnya Kediri, untuk membantu menyelasaikan permasalahan yang ada, agar tidak ada beban mental bagi orang jawa yang merantau ke sumatera.

“Jangan sampai masalah ini tidak selesai, agar tidak berdampak kepengusaha dari Jawa Timur khususnya kediri yang ada di Sumatera Selatan. Karena kultur dan budaya disana keras, jangan sampai saya pulang ke Sumatera belum ada kepastian yang jelas,” ujar Gianto. (pRiez)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal