Larangan Mudik Lebaran 2021, Dinkes Sumenep Siagakan Personil

183

Sumenep | Sigap88 – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep akan menerjunkan personilnya dalam rangka penanggulangan lonjakan Covid-19 menjelang Lebaran 1442 H/2021.

Penempatan personil tersebut akan di sesuaikan dengan ritme dari Polres Sumenep yang akan melakukan penyekatan di beberapa jalur vital di Kabupaten ujung timur pulau Madura.

“Kami akan mengikuti ritme dari Polres Sumenep yang akan menempatkan posko di beberapa tempat vital,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumenep Agus Mulyono, MCH melalui pelaksana tugas (PLT) Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Moh Nur Insan. Rabu (5/5).

Kata Nur Insan, titik posko tersebut di antaranya wilayah perbatasan Kabupaten Sumenep-Pamekasan yaitu Kecamatan Pragaan, Kecamatan, Guluk Guluk, Kecamatan Pasongsongan dan pelabuhan penyeberangan.

“Saat ini tempat wisata di perbolehkan buka, namun atas ijin dari gugus Covid dengan ketentuan bisa menerima pengunjung hanya 50% dari kapasitas tampung, serta harus mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

iklan lebaran
iklan lebaran
iklan lebaran
iklan lebaran
iklan lebaran polsek saronggi
iklan lebaran polsek sapudi
iklan lebaran polsek prenduan
iklan lebaran polsek rubaru
iklan lebaran polsek kangean
iklan lebaran polsek kangayan
iklan lebaran polsek bluto
iklan lebaran pltcamat kangayan
iklan lebaran forkopimka sapeken
iklan lebaran
iklanlebaransman1
iklan lebaran kkks nonggunong
iklan lebaran pemuda nunggunung

Disampaikan oleh Kabid Nur Insan, sesuai dengan arahan Kepala Dinas Kesehatan Sumenep setiap petugas yang di tempatkan di beberapa titik penangung jawab penuh adalah Puskesmas setempat.

Namun, apabila di wilayah Puskesmas tersebut masih kekurangan tenaga, maka kordinasi dengan Puskesmas terdekat. “Yang pasti pihak Kesehatan akan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat guna mengantisipasi penyebaran Covid-19,” jelasnya.

“Kami akan melakukan penyekatan di setiap Pos jaga di wilayah perbatasan dan dimungkinkan pula di tempat tempat wisata, dikarenakan tempat tersebut merupakan tempat kumpul,” ujarnya.

Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi anjuran protokol kesehatan karena dengan mengikuti anjurannya kita saling menjaga. “Marilah kita jaga keluarga, masyarakat dan Bangsa dari Covid-19,” ajaknya.

Petugas, kata Kabid Nur Insan akan melakukan pemeriksaan kepada warga yang mudik dengan melakukan rapit tes, dan kami telah di bantu oleh RSI Kalianget dengan alat genus (alat yang bisa menentukan orang tersebut positif Covid atau tidak).

“Apabila ada yang di nyatakan terindikasi Covid-19 maka kami akan melakukan karantina di Rumah Isolasi Darurat Covid-19 (RIDC) Gedung Sarana Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (SKD) Sumenep dan apabila di nyatakan positif akan di rawat di rumah sakit,” pungkasnya. ( A /K)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE