Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Luncurkan Aplikasi ‘Gagak Lancor’

238

Pamekasan | Sigap88 – Guna memberikan pelayanan yang lebih prima Lapas kelas IIA Pamekasan, Jawa timur meluncurkan aplikasi yang di namakan ‘Gagak Lancor’.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Ka Lapas) Narkotika kelas IIA Pamekasan Sohibur Rachman mengatakan, aplikasi Gagak Lancor adalah sebuah terobosan dari tim ITE Lapas untuk memberikan pelayanan langsung pihak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan pihak keluarga di rumah dan sebaliknya.

“Dalam situasi Pandemi ini kami bersama jajaran melakukan terobosan baru yaitu aplikasi untuk mempermudah layanan informasi atau apapun mengenai pelayanan terhadap WBP,” ungkap Sohibur.

Di sebutkan oleh Sohibur aplikasi tersebut ada tiga yaitu Layanan, Informasi dan pengaduan, yang kami beri nama Gagak Lancor. “Kita bisa buka di google play,” ucapnya.

Diterangkan oleh Sohibur mengenai filosofi Gagak Lancor. “Gagak adalah seekor burung yang pintar, sedangkan Lancor adalah icon Kabupaten Pamekaaan,” jelasnya.

“Aplikasi ini tidak diperuntukkan kepada umum (publik) tapi di peruntukkan kepada keluarga inti WBP, karena pada waktu mengakses yang utama paasword atau User-ID adalah NIK yang masih satu dengan WBP di dalam,” paparnya.

Di aplikasi tersebut pihak keluarga WBP bisa mengetahui informasi mengenai kapan WBP dapat remisi dan sisa berapa tahanannya dan kapan dia akan bebas. “Aplikasi tersebut juga mempermudah administrasi yang akan dikirimkan kepada kami melalui pihak keluarga,” paparnya.

Sedangkan untuk layanan publik, kami telah masukkan melalui FB, Twitter, IG, YouTube

“Jadi segala aktifitas di lapas ini bisa di pantau oleh masyarakat terutama khusus oleh keluarga WBP lewat aplikasi kami,” urainya.

Dengan aplikasi Gagak Lancor ini, kami berharap bisa jadi media kepada masyarakat terutama keluarga Narapidana yang jauh. “Hampir 90 persen WBP kami dari luar pulau Madura,” pungkasnya. (By)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE