KUA Kota Sumenep Dapat Program Revitalisasi Tahun 2021

95

Sumenep | Sigap88 – Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mendapat program Revitalisasi dari Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2021.

Kepala KUA H. Moh Afif, S.Ag, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya oleh media sigap88.com menyampaikan, kami sangat bersyukur sekali telah mendapat kepercayaan ditunjuk sebagai peserta Revitalisasi KUA.

“Kami harus membenahi segala sesuatunya tentang tugas utamanya di KUA seperti pernikahan bahkan tentang data keagamaan yang meliputi wakaf, dan Masjid dan yang lain,” kata kepala KUA Afif. Selasa (24/8).

Jadi, program Revitalisasi ini tujuannya untuk memberikan layanan keagamaan yang lebih mudah, kredibel dan transparan, dan segala kegiatan keagamaan nantinya terpusat di KUA.

“KUA harus menjadi sentra pelayanan keagamaan dengan sistem digitalisasi, yang nantinya dapat melayani secara prima kredibel dan moderat dan transparan,” jelasnya.

Sehingga melalui sistem digital, semua layanan KUA dengan mudah di akses masyarakat. “Masyatakat dengan mudah mengakses segala layanan KUA,” ujarnya.

Dijelaskan pula oleh H. Afif, segala peralatan seperti server akan di datangkan dari Kementerian Agama pusat, yang nantinya KUA Kota Sumenep akan mempersiapkan personil yang ahli dalam IT.

“Kami juga sangat optimis, apabila nantinya program Revitalisasi ini berjalan di KUA Kota Sumenep akan mampu memberikan suatu pelayanan lebih dari sebelumnya, karena di dalam tugas dan fungsi pokok KUA adalah pelayanan,” tegas Afif.

Nantinya, dengan program Revitalisasi KUA ini, tujuan yang akan di capai adalah, peningkatan kualitas kehidupan umat beragama, penguatan peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, penguatan program dan layanan keagamaan, serta peningkatan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan.

“Jadi bukan hanya merevitalisasi gedung KUA saja akan tetapi mampu memberikan suatu terobosan pelayanan yang mencakup semua aspek keagamaan,” pungkasnya

Di ketahui, untuk wilayah Jawa Timur yang mendapat program Revitalisasi KUA dari Kemenag di antaranya, KUA Sidoarjo yang telah di Launching, KUA Kota Sumenep, KUA Sampang, KUA Banyuwangi, KUA Lumajang, dan KUA Kota Malang. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE