KPH Madura Serahkan Dana BL Kepada 6 Pokmas

194

Pamekasan | Sigap88 – Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura menyerahkan dana Bina Lingkungan (BL) Insidentil Kementerian BUMN tahap II kepada 6 (enam) Kelompok Masyarakat (Pokmas) di wilayah Perum Perhutani KPH Madura Divisi Regional Jawa timur yang berlangsung di ruang Pertemuan kantor KPH Madura, Rabu (28/7/2021).

Penyerahan Dana Bina Lingkungan di serahkan langsung oleh Administratur atau Kepala Perhutani Madura Kelik Djatmiko, S.Hut kepada enam Pokmas yang di dampingi oleh Wakil Adm Samiwanto, Kasi PSDH Munawar Sukowati dan Kss Komper Suhartono

Kepala Perhutani Madura Kelik Djatmiko menyampaikan, bantuan ini merupakan bentuk perhatian perhutani sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat membantu peningkatkan pembangunan di wilayah perhutani KPH Madura.

“Sebagai BUMN, kami juga mempunyai tugas pula dalam peningkatan pembangunan masyarakat apalagi bagi masyarakat lingkungan hutan,” kata ADM Madura Kelik Djatmiko.

Di jelaskan oleh ADM Kelik bahwa bantuan tersebut sebesar Rp 300 juta bagi enam Pokmas yang masing masing Pokmas mendapat Rp 50 juta.

“Setiap Pokmas mendapat Dana sebesar Rp 50 juta yang pencairannya lewat rekening Bank, dan dapat di alokasikan sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) yang ada atau sesuai dengan peruntukannya,” ujar ADM.

Sedangkan, Pokmas yang mendapatkan Dana BL adalah Pokmas Adi jaya, Pokmas Cakra, Pokmas Kosambih, Pokmas Abadi Jaya, Pokmas Bersaudara dan Klepean Center For Humanity. “Sesuai dengan pengusulan dari Pokmas berupa pembangunan Bronjong, rabat beton dan plengsengan serta penyediaan kebutuhan pokok masyarakat,” sebutnya.

Ada tiga penekanan yang di sampaikan oleh ADM Kelik Djatmiko kepada penerima Dana BL yaitu gunakan bantuan dana tersebut sesuai dengan peruntukannya, berikan pelaporan kepada kami sebagai bukti pertanggung jawaban dan Suport kami dalam membangun sumberdaya hutan di wilayah.

“Kerja sama antara Pokmas dan Perhutani dapat meningkatkan sumberdaya hutan yang lebih baik, karena kami dan Pokmas di ibaratkan satu mata uang yang tidak bisa dipisahkan,” ujarnya.

Sementara itu perwakilan dari para Pokmas menyampaikan, Dana BL mampu menunjang pembangunan di wilayah dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar hutan.

“Semuga melalui bantuan ini dapat menjadi sarana untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi antara Perhutani dan masyarakat sekitar hutan,” kata perwakilan dari Pokmas Abadi Jaya. (By)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE