Ketua PD IWO Pamekasan Tekankan Anggotanya Mempunyai Sertifikat UKW

738

Pamekasan | Sigap88 – Dalam rangka meningkatkan kualitas sebagai Wartawan maka, perlunya mengikuti pendidikan kejurnalistikan.

Hal itu disampaikan oleh ketua Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Pamekasan, Madura, Jawa Timur Dyah Heny A. Pentingnya pendidikan jurnalistik untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Selasa (27/4/2021).

“Pendidikan jurnalistik sangat di perlukan bagi seorang wartawan untuk meningkatkan mutu dan kualitas kejurnalistikan nya,’ kata Heny sapaan akrabnya.

Sebagai ketua IWO dirinya mengimbau kepada semua anggotanya yang tergabung di IWO Pamekasan harus mempunyai sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW)

Menurutnya, Produk jurnalistik adalah karya intelektual, sehingga proses mulai dari menggali informasi sampai menyiarkan dalam bentuk berita harus selalu melalui kerja serius, berdasarkan fakta, dapat dipertanggungjawabkan, sehingga kalaupun ada yang menggugat, penyelesaiannya secara intelektual pula.

“Maka dari itu betapa pentingnya pendidikan jurnalistik bagi segenap wartawan, terutama wartawan yang tergabung di IWO, sehingga menjadi wartawan yang profesional,” ungkapnya.

Wartawan profesional kata Heny, harus memiliki perencanaan yang matang, baik dalam meliput suatu acara, atau membuat liputan investigasi atau indepth.

“Sebagai wartawan setidaknya paham tentang etik dan hukum terkait pers,baik yang bersifat elementer seperti sikap profesional terhadap narasumber, tidak mengintimidasi, sikap berimbang, konfirmasi, sampai dengan sikap independen,” terangnya.

Lanjutnya, saat ini semua anggota IWO telah selesai mengikuti pendidikan jurnalistik yang di adakan oleh MZK Institut dan mendapatkan sertifikat.

“Kami semua anggota IWO Pamekasan telah mengikuti pendidikan Jurnalis yang di adakan oleh MZK Institut secara zoom dan telah di nyatakan lulus serta menerima sertifikat,” pungkasnya. (Dar)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE