- Advertisement -spot_img

Ketua Karang Taruna Kabupaten Sumenep Berikan Sosialisasi di Kecamatan Rubaru

PewartaAiniyah

Sumenep Sigap88 – Ketua Karang taruna Kabupaten Sumenep Nurahmat memberikan sosialisasi terhadap kepala desa se Kecamatan Rubaru Kabupaten setempat dalam rangka pembentukan Karangtaruna di tingkat Desa, yang terselenggara di Pendopo Kecamatan Rubaru. Selasa (09/11).

Karang Taruna yang merupakan organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan.

Nur sapaan akrab ketua Karang Taruna Kabupaten menyampaikan, merujuk surat Bupati Achmad Fauzi, kami telah melayangkan surat kepada 27 Kecamatan se Kabupaten Sumenep. Dan kami telah melakukan sosialisasi di dua Kecamatan termasuk Kecamatan Rubaru ini dan Kecamatan Bluto.

“Dikarenakan situasi dan kondisinya saat ini menjelang Pilkades serentak maka banyak Camat menghendaki sosialisasi dilaksanakan setelah selesai Pil Kades,” ungkap Nur.

Sebetulnya, di beberapa Desa telah membentuk Karang Taruna sejak dulu, akan tetapi tidak pernah dilaporkan ke Dinas Sosial. “Sampai saat ini yang tercatat di Dinas Sosial Sumenep hanya 2 Karang Taruna yaitu Karang Taruna Pangeran Lir wetan Desa Karangduwak dan Karang Taruna Desa Sapeken,” paparnya.

“Dalam amanat Menteri Sosial Nomer 25 tahun 2019 bahwa Karang Taruna ini mempunyai tujuan bagaimana pemberdayaan ekonomi untuk kepentingan masyarakat,” terangnya.

Karang Taruna ini kata Nurahmad mempunyai tujuan mewujudkan kesadaran dan kesadaran sosial setiap generasi muda dalam mengantisipasi mencegah dan menangkal berbagai sosial khususnya di kalangan generasi muda.

“Pandemi ini sangat berdampak kepada ekonomi dan banyak pengangguran. Nantinya kami akan menjalankan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kemensos,” tuturnya.

Sementara itu Camat Rubaru Arif Susanto, AP. M.Si menyampaikan rencana pembentukan Karang Taruna tingkat Desa.

“Desa mempunyai anggaran melalui Dana Desa yang peruntukannya kepada Karang Taruna,” ucap Camat Arif.

Camat yang telah mendapatkan seabrek prestasi ini mengatakan, di Kecamatan Rubaru ini ada dua Desa telah membentuk Karang Taruna sejak lama, dan mempunyai peran penting dalam peningkatan sosial dan pembangunan di Desanya.

“Generasi muda melalui organisasi Karang taruna bisa memberikan kontribusi sosial dan pembangunan di daerahnya,” paparnya.

Setidaknya, karang taruna bisa berkolaborasi dengan kepala Desa, karena Desa sangat butuh tenaga dan pemikiran dari para generasi muda. ” Saya harapkan generasi muda bisa mengembangkan wilayah Rubaru ini sebagai wilayah Agro Politan yang layak di orbitkan dan mendunia,” tandasnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Quotes Hikmah

Orang cerdas adalah orang yang bagus akalnya, tidak suka marah, karena yang menutupi akal pikiran manusia adalah sifat suka marah

Ambil yang sedikit jika itu mendatangkan kebaikan, dan tolaklah yang banyak jika yang banyak itu mendatangkan keburukan

Pesan Makmia

"Hormatilah keinginan serta temani istri dan anak-anakmu. Karena mereka adalah insan yang paling punya hak atas kebaikanmu."

Berita Terbaru