Kekerasan Terhadap Wartawan Tempo, Jurnalis Pamekasan Gelar Aksi

68

PAMEKASAN, SIGAP88 – Seluruh Persatuan Wartawan Pamekasan, yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Pamekasan (AJP), Forum Wartawan Pamekasan (FWP) dan Paguyuban Insan Jurnalis Pamekasan (PIJP) serta Jurnalis Center Pamekasan (JCP) menggelar aksi solidaritas sesama insan pers.

Aksi yang dilakukan Aliansi Jurnalis Pamekasan di area Arek Lancor Kabupaten Pamekasan, pada Senin (29/3/21) ini merupakan aksi yang kedua kali, untuk mengutuk kekerasan yang menimpa wartawan Tempo Surabaya.

Hal itu dikatakan Miftahul Arifin, selaku korlap aksi, bahwa pihaknya bersama seluruh wartawan Sumenep, mengutuk keras serta mendesak aparat Kepolisian Daerah Jawa timur, untuk mengusut tuntas dan menangkap pelaku kekerasan terhadap jurnalis tempo Surabaya yang mendapatkan penganiayaan saat liputan beberapa waktu lalu.

“Kami mengecam keras pelaku kekerasan yang menimpa wartawan Tempo Surabaya, dan mendesak APH untuk segera mengusut dan menangkap pelaku. segala bentuk intimidasi terhadap para wartawan harus diusut tuntas dan tidak pandang bulu, Karena berkaitan dengan keterbukaan informasi publik dan demokrasi,” kata Miftahul Arifin yang juga ketua AJP.

Arifin juga menerangkan, penganiayaan terhadap jurnalis, ini telah melanggar sejumlah aturan, yakni UU 40/1999 tentang Pers, UU 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia, UU 12/2005 tentang pengesahan konvensi hak sipil dan politik dan Perkap Nomor 8 Tahun 2009 tentang pengimplementasi Hak Asasi Manusia.

“Sekali lagi, kami mendesak serta mendukung pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut, serta memastikan para pelaku mendapatkan hukuman sesuai peraturan hukum yang berlaku,” Pungkasnya. (Hari)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE