- Advertisement -spot_img

Kejari Bangil Dalami Kasus Dugaan Gratifikasi Proyek Pokir DPRD Kab. Pasuruan

Pasuruan, Sigap88 – Aliansi yang mengatasnamakan Masyarakat Antikorupsi Anggaran Rakyat (Makar) mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jum’at (16/9/21).

Kedatangan para dedengkot aktivis Pasuruan itu ke Kantor Kejari Bangil, melaporkan terkait dugaan adanya gratifikasi pada proyek Pokir (Pokok Pikiran) di lingkup anggota dewan kabupaten Pasuruan.

Pembicara MAKAR, Prima Laksanakan Satria, pasca menyerahkan laporan atas dugaan gratifikasi proyek Pokir yang dikuasai oleh seorang pemodal, dalam proses ploting pembagian proyek di kabupaten Pasuruan.

“Kami mengendus adanya gratifikasi antara beberapa oknum anggota dewan, dengan pihak rekanan,” Ungkap Prima, sapaan akrabnya.

Menurut Prima, proyek pokir yang ada di kabupaten Pasuruan, ini dikuasai oleh pemodal dan ploting – ploting pokir itu dialokasikan oleh pemodal.

“Ada satu CV yang mengerjakan beberapa proyek pokir. artinya, pemodal itu mempunyai beberapa CV untuk menguasai semua ploting proyek yang ada di kabupaten Pasuruan,” Jelasnya.

Saat ditanya soal berkas laporannya ke Kejari Bangil, Prima menjelaskan bahwa semua bukti yang diserahkan sudah komplit, dan berharap agar Kejaksaan Negeri Bangil bisa mengusut kasus yang sudah menjadi asumsi publik ini.

“Kami harap, Kejaksaan Negeri Bangil mengusut tuntas kasus ini, agar tidak dimonopoli oleh pemodal ‘jahat’,” Ungkap Prima.

Berkaitan dengan adanya kongkalikong pada ploting proyek pokir, Prima, menyerahkan kasus ini kepada pihak penegak hukum untuk dibuktikan pada saat proses pemeriksaan nanti.

“Kita serahkan kepada pihak penegak hukum, dan kita buktikan saat pemeriksaan,” Tuturnya.

Ditempat yang sama, Direktur Pusat Studi & Advokasi Kebijakan (Pusaka) Lujeng Sudarto mengatakan, bahwa proyek Pokir yang ada di Dewan ini jauh – jauh hari sudah ada yang ‘borong’ melalui sistem Ijon, dengan memberi uang terlebih dulu.

“Misalkan, untuk proyek tahun 2022, nah di tahun 2021 ini mereka sudah bisa setor pake sistem Ijon,” Kata Lujeng Sudarto.

Lujeng juga menjelaskan, adanya Ijon pada saat refocusing di tahun – tahun sebelumnya, sehingga Ijon pada plotingan proyek itu menjadi terakumulasi di tahun 2021 ini.

“Untuk pokir tahun 2020 ini ada akumulasi Ijon, karena di tahun – tahun sebelumnya pernah di refocusing, sehingga, Ijon numpuk dan terakumulasi di tahun 2021,” Tandas pria yang akrab disapa Kang Lujeng itu.

“Makanya, beberapa anggota dewan bersikukuh, mau tidak mau tetap dia yang mengeksekusi, karena Ijon nya itu sudah terakumulasi,” Jelasnya.

Sementara, terpisah Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Bangil Deni Saputra, pihaknya akan menindaklanjuti sesuai peraturan dan undang – undang yang berlaku dengan tidak melihat latar belakang pelaku.

“Setiap laporan yang masuk, akan kami tindaklanjuti, tentu kita akan Chek n Balanc. apapun warnanya, apapun benderanya semua itu kedudukannya ada di bawah hukum, karena peraturan perundang – undang adalah segalanya,” Tegas Deny Saputra.

Meskipun demikian, Ia akan mendalami laporan MAKAR, yang mengarah pada pemufakatan untuk mendapatkan ploting – ploting pekerjaan fisik dari penunjukan langsung yang nilainya dibawah dua ratus juta.

“Saat ini perlu kami dalami untuk pengumpulan bahan data dan bahan keterangan. tentunya data – data yang diberikan teman – teman gabungan dari Lsm, ini harus kita uji dan tela’ah, untuk kita kroscek dengan temuan – temuan kita dilapangan baik temuan segi visi intelejen maupun temuan lainnya,” Ucapnya.

Pasti kita akan telusuri, lanjut Deny, “Dan juga ada alamat yang sama, ini yang menarik. kenapa ada alamat yang sama terhadap delapan CV yang berbeda, tentu ini akan kita dalami, apakah memang aktor – aktornya adalah orang yang sama. yang jelas kalau memang ditemukan dua alat bukti, pasti akan kita progres,” Lanjutnya. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
spot_img
spot_img

Opini

3,324FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
404PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Mulalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad ๏ทบ Mari Kita Tingkatkan Imam dan Taqwa Pada Masa Pandemi Covid 19

DALAM firman-Nya, Allah Subhanahu wa Taโ€™ala memerintahkan kita untuk selalu bershalawat kepada Rasulullah. Perintah ini terdapat dalam Alquran yang artinya: โ€œSesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.โ€ (QS. Al-Ahzab ayat 56)

Mari terus memperbanyak salawat. Di saat pandemi, mari sambut hari kelahiran pembawa risalah Islam Rahmatan Lil โ€˜alamin ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan

Rasulullah๏ทบ adalah manusia terbaik, mari kita teladani di sepanjang hidup kita

Seseorang Akan Bersama Orang Yang Ia Cintai

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ุณูŽุฃูŽู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู…ูŽุชูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชู ู„ูŽู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ูƒูŽุซููŠุฑู ุตูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ุตูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽู„ูŽุง ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ููŠ ุฃูุญูุจู‘ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ู…ูŽุนูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุญู’ุจูŽุจู’ุชูŽ โ€œDari sahabat Anas, sesungguhnya seorang laki-laki bertanya kepada Nabi, kapan hari kiamat terjadi ya Rasul? Nabi bertanya balik, apa yang telah engkau persiapkan? Ia menjawab, aku tidak mempersiapkan untuk hari kiamat dengan memperbanyak shalat, puasa dan sedekah. Hanya aku mencintai Allah dan Rasul-Nya. Nabi berkata, engkau kelak dikumpulkan bersama orang yang engkau cintai.โ€ (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Exclusive content

Sosial & Budaya

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal

- Advertisement -spot_img