Kapolsek Kangean Hadiri Kegiatan Advokasi Forum Pembentukan Gernas

166

Sumenep | Sigap88 – Kapolsek Kangean IPTU Agus Sugito menghadiri kegiatan Advokasi Forum pembentukan Gernas (Gerakan Masyarakat hidup sehat) dan penanda tanganan Komitmen bersama yang terselenggara di Pendopo Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep, Kepulauan Kangean, Jawa timur. Kamis (1/4/2021).

Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Kapolsek Iptu Agus Sugito, merespon positif atas kegiatan Germas yang di prakarsai oleh Kepala Puskesmas Arjasa dan melakukan penandatanganan kesepakatan komitmen bersama.

“Kegiatan Germas ini sangat positif sekali demi meningkatkan kedisiplinan menjaga kesehatan,” ucap Kapolsek Iptu Agus.

Dengan penanda tanganan Komitmen bersama maka, kita sama sama mempunyai tanggung jawab bersama dalam rangka meningkatkan kesehatan di wilayah Kecamatan Arjasa.

“Kesehatan sangat komplek sekali maka di perlukan kerja sama yang baik dengan lintas sektor terutama dengan masyarakat,” papar Kapolsek Agus.

Kapolsek juga memaparkan tentang kebersihan lingkungan terutama mengenai sampah. “Sampah merupakan hal yang selalu menjadi yang krusial karena, selain mencemari lingkungan sampah juga akan membuat wilayah rawan banjir,” ungkapnya.

Sedangkan untuk mengecek kondisi kesehatan masyarakat, setiap pengajuan pernikahan harus ada surat keterangan sehat dari Puskesmas Arjasa

“Untuk menghindari penyakit menular seperti HIV maka, setiap akan melakukan peristiwa pernikahan harus melampirkan keterangan sehat dari Puskesmas Arjasa dan harus kordinasi secara intens dengan pihak KUA Arjasa,” tandasnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Arjasa dr Dayat menyampaikan. Kegiatan penandatanganan kesepakatan bersama tentang Germas dengan Forpimka Arjasa bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat tentang arti sebuah kesehatan

“Kesehatan sangatlah penting, maka dengan Germas kita dapat mencegah penyakit dan penularan penyakit,” kata dr Dayat.

Sehingga melalui usaha bersama lewat Germas yang benar benar terorganisir maka akan memperkecil ruang penyakit masuk ke badan kita dan mengantisipasi penularan penyakit.

Untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat, kata dr Dayat nantinya diarea Puskesmas Arjasa tidak boleh ada yang merokok. “Kami sediakan tempat khusus merokok bagi orang yang berkunjung ke Puskesmas,” ucapnya

Untuk menunjang hal itu, TNI/Polri akan selalu melakukan patroli di puskesmas Arjasa.

“Setiap hari Jum’at akan dilaksanakan senam bersama di Kecamatan Arjasa dan semoga masyarakat juga mengikuti senam bersama,” pungkas dr Dayat.

Hadir dalam acara Kegiatan Advokasi Forum pembentukan Germas ; Camat Arjasa Drs.Moh.Hosen, Kapolsek Kangean Agus Sugito.SH.MH, Danramil Arjasa di Wakili Koptu Khlip, Kapus Arjasa dr.Dayat, Asper Kangean barat Marinus, Seluruh Instansi Kec.Arjasa. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE