Kapolres Sumenep Imbau Masyarakat Antisipasi Dampak Musim Kemarau

135

Sumenep | Sigap88 – Musim kemarau 2023 bertepatan dengan iklim El Nino sehingga mengalami pemanasan global, dan banyak di beberapa daerah mengalami kekeringan hingga kekurangan air bersih dan sangat kering.

Sehingga Polres Sumenep mengimbau kepada semua masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah antisipasi guna mencegah kebakaran hutan di wilayah Sumenep.

Dalam imbauannya, Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko, S.I.K dengan tegas melarang masyarakat melakukan pembakaran hutan atau lahan secara sembarangan.

Advertisement
Baca Juga  Kemenhub Setuju Rute Baru, dari Pelabuhan Celukan Bawang, Bali ke Pelabuhan Ra'as, Sumenep

Kapolres juga mengingatkan warga untuk tidak membuang puntung rokok di tempat-tempat yang berpotensi memicu kebakaran, serta tidak meninggalkan api tanpa pengawasan di hutan atau lahan.

“Kita harus menjaga lingkungan kita dengan baik. Kebakaran hutan dapat merusak ekosistem dan berdampak negatif pada kesehatan masyarakat serta merugikan sektor ekonomi,” ungkap Kapolres Edo

Baca Juga  Kapolres Pamekasan Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Semeru 2024

Dirinya uga menekankan pentingnya kerja sama antara masyarakat dengan aparat kepolisian dan petugas pemadam kebakaran setempat dalam mengatasi kebakaran hutan.

“Apabila ada indikasi atau kejadian kebakaran, segera laporkan kepada kepolisian atau aparat setempat agar tindakan cepat dapat diambil untuk memadamkan api,” paparnya

Edo juga mengingatkan agar warga tidak menggunakan praktik membuka lahan dengan cara membakar hutan atau lahan. “Kita harus bertanggung jawab terhadap lingkungan dan generasi mendatang,” pungkasnya.

Baca Juga  Berkah Ramadhan Lapas Kelas III Arjasa, Sumenep Bagi Takjil Kepada Pengguna Jalan

Dirinya berharap masyarakat Sumenep dapat bersama-sama menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya kebakaran hutan yang dapat membahayakan kehidupan dan ekosistem di wilayah ini.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE