- Advertisement -spot_img

Kalapas Kelas III Arjasa Ikuti Upacara Secara Virtual

Dalam Rangka Hari Dharma Karya Dhika 2021

ReporterKoesnadi

Sumenep | Sigap88 – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas III Arjasa mengikuti upacara secara virtual serentak seluruh Indonesia dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) tahun 2021 Kementerian Hukum dan HAM RI.

Melalui video teleconference menggunakan aplikasi zoom meeting yang terpusat di Kementerian Hukum dan HAM, Jl. H.R Rasuna Said Kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, dan Ka lapas Arjasa mengikuti melalui aplikasi zoom meeting di aula gedung Lapas kelas III Arjasa Kepulauan Kangean Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur Sabtu (30/10) kemarin.

Kalapas Kelas III Arjasa Sugiantoro Sudiharto menyampaikan kepada media sigap88.com, setiap tahun Kementerian Hukum dan HAM melaksanakan peringatan HDKD dikarenakan saat ini masih dalam Pandemi Covid-19 maka peringatan tersebut dilaksanakan secara Zoom Meeting.

“Sesuai dengan amanah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly agar Kemenkumham di seluruh Indonesia meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan pelayanan kepada masyarakat. Merupakan suatu keharusan untuk mematuhinya,” kata Kalapas Arjasa Sugiantoro.

Sugiantoro sapaan akrab Ka Lapas Arjasa menyampaikan pula amanat yang di sampaikan oleh Kemenkumham Yasonna bahwa Kemenkumham harus menjadi pionir guna mendorong terciptanya pemerintahan yang dinamis, dan membuat birokrasi lebih adaptif.

“Kita harus cepat, tepat, dan akurat dalam mengambil keputusan serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” jelasnya.

Bahkan Menkumham, kata Sugiantoro menegaskan, semua aparatur sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Kemenkumham Harus menjadi sosok yang lincah, inovatif, pekerja keras, terampil, dan siap bertransformasi menjadi sebuah kekuatan yang mampu berperan di lingkungan strategis dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Kami dengan semua petugas Lapas Kelas III Arjasa menjunjung tinggi apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab dalam melayani masyarakat dengan mengedepankan standart operasional prosedur (SOP),” terangnya.

Lanjut Sugiantoro, momentum HDKD dapat kita petik untuk selalu berkerja dan berkarya dengan mendahulukan kepentingan masyarakat Bangsa dan Negara diatas keoentingan pribadi.

“Mendahulukan kepentingan masyarakat Bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi adalah komitmen kami dalam menjalankan tugas,” tegasnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal