Kado Istimewa di Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-754, KIM Batuputih Raih Penghargaan

334

Sumenep | Sigap88 – Di hari Jadi Kabupaten Sumenep ke 754 tahun 2023 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Batu Putih memberikan kado istimewa bagi Pemerintah Kabuoat n Sumenep dengan meraih penghargaan dari Kementerian Kominfo RI.

Melalui proses panjang dan penuh dengan kegigihan KIM Batu putih yang mengikuti Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIMFest) tahun 2023 akhirnya terpilih sebagai KIM Terproduktif se-Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Dr. Hasyim Gautama selaku Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.keoada ketua KIM Batu putih di platform kim.id pada Sabtu (28/10) kemarin.

Advertisement

Prestasi bergengsi tingkat Nasional tersebut merupakan penghargaan khusus
KIM Terproduktif dengan postingan 182 Berita di tahun 2023 yang disampaikan langsung oleh Dr. Hasyim Gautama selaku Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kegiatan yang berlangsung di Alun-alun Kota Surabaya itu, dihadiri langsung oleh Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Usman Kasong didampingi Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Publik, Hasyim Gautama, Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Ikhsan dan Jajaran Dinas Kominfo Provinsi Kabupaten Kota peserta KIM Festival. Berikut pegiat/anggota KIM se-Indonesia.

Baca Juga  Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Disbudporapar Sumenep Gelar Festival Jaran Serek

Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Usman Kasong dalam sambutannya mengatakan bahwa KIM Festival 2023 merupakan Apresiasi bagi Pegiat KIM untuk pertama kalinya yang digelar di Kota Surabaya ini.

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemenkominfo RI bersama Dinas Kominfo Provinsi Kabupaten Kota sebagai ajang menunjukkan kompetensi dan membangun jejaring lintas sesama KIM dari Kabupaten Kota seluruh Provinsi di Indonesia,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa, Kualitas kompetisi yang disajikan dalam KIM Festival 2023 oleh setiap KIM sangat kompetitif sehingga Dewan Juri dalam sidang menambahkan kriteria penilaian dalam Penghargaan Khusus yang meliputi KIM Adaptif, Inspiratif, Inovatif, Inspiratif dan Kreatif.

“Penghargaan Khusus ini diharapkan bisa memotivasi KIM untuk terus melaju melanjutkan programnya dan terus berinovasi mengembangkan potensi kearifan lokal dan perekonomian masyarakat setempat. KIM lebih masif menyebarluaskan informasi publik terkait kebijakan program prioritas pemerintah kepada masyarakat,” paparnya.

Baca Juga  Babinsa Koramil 0826-06 Pademawu Bantu Bersihkan Rumput Liar Tanaman Padi di Desa Sopa'ah

Usman Kasong menambahkan, Kemenkominfo RI bersama Dinas Kominfo Provinsi Kabupaten Kota berkomitmen bersama sama untuk membina dan memberdayakan KIM agar terus bisa berkembang dan eksis di masyarakat sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendukung komunitas publik pemerintah kepada masyarakat di pedesaan maupun perkotaan.

“Bagi Pemenang Lomba KIM Festival yang akan datang diharapkan bisa diberikan hadiah yang bermakna bagi KIM yang dibiayai oleh Kemenkominfo RI atau mengikuti program pelatihan pelatihan yang ada seperti Digital Talent Scholarship, apresiasi konkrit dan bermakna untuk memajukan kompetensi seluruh Pegiat KIM di Indonesia,” imbuhnya.

Terpisah, Akh. Fauzi selaku Ketua KIM Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep menyanyikan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mensuport penuh adanya KIM di Kecamatan Batuputih, khususnya kepada keanggotaan KIM Batuputih dan pegiat KIM se-Kabupaten Sumenep.

Baca Juga  Ibu Briptu Rian Hadiri Doa Bersama di Polres Jombang

“Alhamdulillah kami sampaikan. Yang jelas penghargaan ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami dan seluruh pegiat KIM se-Indonesia, khususnya di Kabupaten Sumenep untuk terus memberikan informasi positif kepada masyarakat,” singkat Mahasiswa Pascasarjana Unisma tersebut.

Berikut Pemenang Utama Lomba KIM Festival 2023
– KIM Terbaik Bidang UMKM :
KIM Kraton Kidul Kota Pekalongan Jateng.
– KIM Terbaik Bidang Pariwisata :
KIM Taman Kreatif Plipitan Kota Serang Banten.
– KIM Terbaik Bidang Pertanian :
KIM Taruna Jaya, Provinsi Jawa Barat
– KIM Terfavorit : KIM Provinsi Jawa Barat

Penghargaan Khusus KIM Festival 2023 :
– KIM ADAPTIF : KIM Muara Badak Kaltim.
– KIM INOVATIF : KIM Graha Asri Sulawesi Tenggara.
– KIM INSPIRATIF : K

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE