Kadis PMD Sumenep Tegaskan, Pemdes Dukung Penanganan PPKM Darurat

192

Sumenep | Sigap88 – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menegaskan agar penggunaan Dana Desa di maksimalkan kepada pelaksanaan Pemberlakuan pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

“Sampai saat ini kasus Covid-19 masih meningkat, sehingga semua Pemerintah Desa (Pemdes) memaksimalkan Dana Desa (DD) untuk masyarakat,” ungkap Kepala Dinas PMD Sumenep Moh Ramli. Rabu (14/7/2021).

Moh Ramli menegaskan, DD yang di miliki oleh Pemerintah Desa harus di fokuskan dalam penanganan Covid-19, sehingga tidak ada alasan lagi bagi pemdes tidak punya anggaran.

Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli mengatakan, Pemdes tidak boleh beralasan tidak punya anggaran dalam menangani pandemi Covid-19. Desa bisa menggunakan Dana Desa (DD).

“Demi memberikan pelayanan masyarakat di tengah kedaruratan, maka Pemdes bisa mengubah Perdesanya,” tegas Moh Ramli.

Diharapkan kepada semua Pemdes untuk meningkatkan efektifitas PPKM Mikro “hendaknya PPKM yang sudah ada di tingkatkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dengan demikian PPKM darurat ini berjalan dengan efektif sesuai harapan pemerintah .”PPKM Mikro dapat di kembangkan dengan PPKM darurat Jawa-Bali yang saat ini sedang berlangsung,” terangnya.

Demi mengefektifkan hal itu, Pemdes harus gencar melakukan edukasi dan sosialisasi kepada warganya agar selalu menerapkan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi demi tercapainya pemberantasan Covid-19.

“Sebagai pemerintah Desa yang bersentuhan langsung dengan warganya lebih pro aktif dalam memberikan edukasi mengenai manfaat vaksin bagi tubuh,” tuturnya.

Selain itu, mantan kepala Dinas Sosial ini menyampaikan kepada semua Pemdes agar sesegera mungkin merealisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada KPM, agar masyarakat bisa terbantu di tengah pandemi ini.

“Ikhtiar kita dengan menerapkan protokol kesehatan merupakan langkah efektif dalam pemberantasan penyebaran Covid-19, serta dengan di iringi doa kepada Yang Maha Kuasa, semoga Covid-19 segera sirna dari muka bumi ini” tandasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE