- Advertisement -spot_img

Implentasi Perhutanan Sosial di KPH Madura, Demi Kesejahteraan LMDH

Pamekasan | Sigap88 – Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura melalui perhutanan sosial bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang ada di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) atau di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) untuk meningkatkan kesejahteraan anggota LMDH melalui penanaman umbi Porang di bawah pohon tegakan.

“Ini langkah kami, memberikan akses bagi warga Desa Hutan untuk meningkatkan ekonominya melalui tanaman porang di bawah tegakan,” kata Wakil Kepala Administratu KPH Madura Samiwanto. Rabu (11/8)

Di jelaskan oleh Waka ADM, ada sekitar 838 hektar lebih yang tersebar di wilayah hutan kepulauan Kangean dan kepulauan sepanjang serta di BKPH Madura timur yang saat ini telah di kelola oleh LMDH sekitar hutan tersebut.

“Salah satu bentuk Usaha Produktif dalam Perhutanan Sosial melalui tanaman porang untuk meningkatkan ekonominya,” papar Samiwanto.

Lebih lanjut Samiwanto mengatakan, kerjasama ini akan saling menguntungkan baik Perhutani maupun LMDH. “LMDH dapat merawat tanaman Porang dan sekaligus menjaga kelestarian hutan,” jelasnya.

“LMDH yang melakukan penanaman umbi Porang di lahan perhutani di bawah tegakan di ikat dengan sebuah perjanjian kerja sama (PKS),” terangnya.

Sedangkan bentuk kerjasama tersebut ada jangka pendek, menengah dan jangka panjang. “Nantinya, apabila pada masa waktu penebangan terhadap pohon yang ada di atas lahan porang, maka LMDH dapat bagian 25% dari hasil produksi area yang dikerjasamakan secara akumulatif, mulai dari penanaman, pemeliharaan khususnya keamanan hutan,โ€ tukasnya.

Rinciannya menurut Samiwanto, wilayah hutan area KPH Madura yang telah di tanami umbi Porang oleh LMDH meliputi BKPH Madura Timur:, RPH Pamekasan 13,10 ha.BKPH Kangean Barat, RPH Sawah Sumur 349.60 ha, BKPH Kangean Timur RPH Tembayangan 61.20 ha. RPH Kangayan 61.00 ha, RPH Patapan 94.80 ha, RPH Paliat Timur 13.7 ha, RPH Paliat Barat 12.0 ha, BKPH Sepanjang, RPH Calung 57.1 ha, RPH Beng Beng 20.90 ha,RPH Sigentong 155.0ha. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
spot_img
spot_img

Opini

3,324FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
404PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Mulalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad ๏ทบ Mari Kita Tingkatkan Imam dan Taqwa Pada Masa Pandemi Covid 19

DALAM firman-Nya, Allah Subhanahu wa Taโ€™ala memerintahkan kita untuk selalu bershalawat kepada Rasulullah. Perintah ini terdapat dalam Alquran yang artinya: โ€œSesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.โ€ (QS. Al-Ahzab ayat 56)

Mari terus memperbanyak salawat. Di saat pandemi, mari sambut hari kelahiran pembawa risalah Islam Rahmatan Lil โ€˜alamin ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan

Rasulullah๏ทบ adalah manusia terbaik, mari kita teladani di sepanjang hidup kita

Seseorang Akan Bersama Orang Yang Ia Cintai

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ุณูŽุฃูŽู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู…ูŽุชูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชู ู„ูŽู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ูƒูŽุซููŠุฑู ุตูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ุตูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽู„ูŽุง ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ููŠ ุฃูุญูุจู‘ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ู…ูŽุนูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุญู’ุจูŽุจู’ุชูŽ โ€œDari sahabat Anas, sesungguhnya seorang laki-laki bertanya kepada Nabi, kapan hari kiamat terjadi ya Rasul? Nabi bertanya balik, apa yang telah engkau persiapkan? Ia menjawab, aku tidak mempersiapkan untuk hari kiamat dengan memperbanyak shalat, puasa dan sedekah. Hanya aku mencintai Allah dan Rasul-Nya. Nabi berkata, engkau kelak dikumpulkan bersama orang yang engkau cintai.โ€ (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Exclusive content

Sosial & Budaya

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal

- Advertisement -spot_img