- Advertisement -spot_img

Gandeng IPNU Kota Pasuruan, Aminurokhman Gelar Sosialisasi Konsensus Kebangsaan

ReporterInul Gunawan

Pasuruan, Sigap88 – Anggota DPR- RI Fraksi Nasdem Dapil 2 Wilayah Pasuruan – Probolinggo H. Aminurokhman menggelar Kegiatan Sosialisasi Konsensus Kebangsaan, dalam rangka Memahami Empat Pilar Kebangsaan dengan menggandeng Majelis Alumni IPNU Kota Pasuruan.

Acara sosialisasi yang digelar di gedung Rumah Makan (RM) Kebun Pring, di Kota Pasuruan, dihadiri Wakapolres Pasuruan Kota, KH. Misbahul Munir dan H. Nurul Jadid yang merupakan Ketua Majelis Alumni IPNU Kota Pasuruan, Minggu (14/11/21).

Kedatangan para tokoh dari Majelis Alumni IPNU yang sebagian besar menjadi seorang pengajar dan guru pendidik sesuai dengan bidangnya masing – masing, sangat berperan penting terhadap pemerintah di dalam mengimplementasikan empat pilar menjadi tanggung jawab bersama.

“Majelis alumni dari IPNU yang datang, mereka merupakan tokoh – tokoh yang bergerak di dunianya masing – masing yang sebagian besar sebagai pendidik jadi guru, jadi Ustad di lingkungannya masing – masing. Tentu ini sangat strategis bagi saya ketika membantu pemerintah dalam mengimplementasikan empat pilar itu menjadi tanggung jawab bersama,” Tutur Aminurokhman.

Mantan Walikota Pasuruan 2 periode itu juga menjelaskan, kehadiran Majelis Alumni IPNU juga memberikan sebuah kontribusi pemikiran yang lebih terbuka khususnya di tengah – tengah masyarakat tentang pentingnya penguatan terhadap ediologi Pancasila.

“Kehadiran tokoh – tokoh masyarakat ini juga memberikan kontribusi pemikiran yang lebih terbuka. mulai urusan mempertahankan NKRI, sosialisasi dalam menguatkan Pancasila, itu bukan hanya tanggung jawab Pemerintah dan Negara saja, tapi juga tanggung jawab bersama,” Jelasnya.

Menurut Amin sapaan akrabnya, berkaitan kemajuan teknologi informatika yang hadir di masyarakat, adanya Gadged (Android) ini akan positif ketika dipergunakan dengan baik, “Dalam memberikan alat teknologi (Gadged) ini kepada anak, orang tua harus mengontrol dan memberikan pemahaman terhadap anak tentang pemanfaatan khususnya di bidang pendidikan sebagai alat media untuk proses belajar,” Terang Amin.

Meskipun demikian, pemahaman terhadap anak / didik, haruslah diintegrasikan terhadap penanaman nilai – nilai tentang pentingnya tanggung jawab di dalam bela Negara, Ediologi Bangsa , Konstitusi Bangsa dan juga tentang kebhinekaan dan sebagainya.

Maka, Lanjut Amin, “Pemerintah bersama masyarakat harus memastikan bahwa pentingnya peranan itu harus dishare kepada semua tokoh yang ada dan memastikan bahwa nilai nilai Pancasila ini harus tertanam dan terimplementasi kepada seluruh anak Bangsa, di dalam kehidupan dan kesehariannya,” Pungkasnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal