- Advertisement -spot_img

Forpimda Sumenep Gelar Deklarasi Damai

Jelang Pilkades Serentak Tahun 2021

ReporterAiniyah

Sumenep | Sigap88 – Jelang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa(Pilkades) Serentak pada 25 November 2022 Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bersama perwakilan Calon Kepala Desa, menggelar Deklarasi Damai yang terlaksana di Ruang Rapat Graha Ariawiraraja kantor Pemkab Sumenep. Kamis (18/11).

Perwakilan kepala Desa membacakan bunyi Deklarasi yang telah di sepakati; Kami calon Kepala Desa Pilkades 2021 akan mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan Pilkades dengan sabar, sopan dan penuh tanggung jawab demi terlaksananya Pilkades serentak secara demokratis yang lebih baik dari masyarakat.

Kami para calon Kepala Desa akan mematuhi dan melaksanakan terhadap segala peraturan perundang undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pilkades serentak, kami para calon kepala Desa sepakat untuk menciptakan situasi yang kondusif.

Kami kepala Desa tidak akan melakukan pelanggaran hukum baik pidana maupun perdata, dan akan mematuhi protokol kesehatan, dan kami kepala Desa dan pendukung tidak akan melakukan anarkis dan senantiasa menjaga kondusifitas serta kami akan siap menang dan siap kalah.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam sambutannya berharap pelaksanaan Pilkades di 86 Desa berjalan lancar dan sukses sesuai dengan apa yang telah di sepakati dalam Deklarasi damai oleh para calon Kepala Desa.

“Pelaksanaan Pilkades baik di daratan Sumenep maupun di kepulauan terlaksana dengan baik dan lancar tanpa ada penundaan lagi,” kata Bupati Fausi dalam sambutannya.

Tentunya, kesuksesan tidak terlepas dari kerjasama semua pihak terutama masyarakat. Karena dinamika pelaksanaan Pilkades ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19.

Sehingga, pelaksanaan Pilkades ini benar benar terlaksana dengan baik dan lancar. “Pelaksanaan Pilkades pasti ada yang menang dan yang kalah, maka bagi yang menang dan yang kalah harus mematuhi perundang undangan yang ada,” jelasnya.

“Para calon Kepala Desa, mampu memberikan edukasi kepada pendukungnya untuk bisa menerima kenyataan yang telah diterima baik kalah maupun menang,” terangnya

Disebutkan oleh Fauzi bahwa pelaksanaan Pilkades di 86 Desa di ikuti oleh 251 calon kepala desa di 84 Desa, laki laki 213 orang dan 38 perempuan.

“Ini menunjukkan bahwa demokrasi dikabupaten Sumenep tidak ada diskriminasi, karena warga Kabupaten Sumenep mempunyai hak selama memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan,” tegas Fauzi

Fauzi mengimbau, kompetisi antar calon kepala Desa jangan sampai mengorbankan persaudaraan kita bersama dalam rangka memilih pemimpin di Desanya. “Yang menang jangan berlebihan dan yang kalah harus legowo,” pesannya.

Dikarenaka pelaksanaan Pilkades saat ini masih dalam situasi Pandemi maka diharapkan semua Komponrn masyarakat dan para panitia sendiri tetap mematuhi protokol kesehatan. “Demi tidak terjadi klaster baru di pelaksanaan Pilkades semua pihak harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan laksanakan vaksinasi,” tuturnya

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal