DPRD Kabupaten Pasuruan Gelar Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2023

82

Pasuruan | Sigap88 – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Nota Penjelasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Pasuruan Tahun 2023.

Hal itu dijabarkan oleh Pj Bupati Pasuruan Andriyanto, terhadap Penjabaran APBD Tahun Anggaran 2023, pada Senin (26/2/2024) siang.

Pj Bupati Pasuruan Andriyanto saat ditemui usai mengikuti rapat paripurna menjelaskan, tentang Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Pasuruan tahun 2023.

Advertisement

Andriyanto menyampaikan bahwa LKPJ Bupati Pasuruan Tahun 2023 ini, memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menyangkut laporan pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah selama 1 tahun.

Anggaran dengan ruang lingkup capaian pelaksanaan program dan kegiatan, sesuai dengan target kinerja yang ditetapkan dalam perjanjian kinerja, pada setiap urusan pemerintahan daerah.

Baca Juga  Pj Bupati Jombang Temui Paguyuban Tahu di Kecamatan Jogoroto, Ada Apa?

Sebagai pengantar LKPJ TA 2023 ini, Pj Bupati Pasuruan menyampaikan 3 bagian. Pertama, kondisi makro daerah, kedua, ringkasan APBD Tahun Anggaran 2023, dan ketiga, penyelenggaraan urusan pemerintahan sesuai dengan prioritas pembangunan yang tertuang dalam RKPD Tahun 2023.

“Pada bagian pertama kami sampaikan kondisi makro daerah tahun 2023, sebagai berikut. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pasuruan Tahun 2023 sampai dengan saat ini masih belum dirilis oleh Badan Pusat Statistik,” ucapnya.

“Meskipun demikian, hal itu mengacu pada pertumbuhan ekonomi Jawa Timur, mengalami peningkatan sebesar 5,02 persen Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan kemiskinan,” samsungnya.

Sementara, menyinggung IPM, Andriyanto juga menjelaskan IPM diukur berdasarkan tiga unsur yaitu kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

“IPM Kabupaten Pasuruan tahun 2021 – 2023 berturut-turut yaitu 68,93 lalu 69,68 dan 70,29. Peningkatan IPM Kabupaten Pasuruan tahun 2023 sebesar 0,87 persen. Berdasarkan tiga komponen pembentuk IPM, pada tahun 2023, komponen kesehatan (umur harapan hidup) mengalami kenaikan 0,37 persen dari 70,55 tahun pada tahun 2022 menjadi 70,81 pada tahun 2023. Untuk komponen pendidikan yaitu rata-rata lama sekolah pada tahun 2022 dan 2023 mengalami peningkatan 0,27 persen dari 7,42 tahun pada tahun 2022 dan 7,44 persen,” jelasnya.

Baca Juga  KSOP Gresik Gelar Apel Kesiagaan Pembukaan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa(28/2) menjelaskan, bahwa secara umum realisasi LKPJ TA 2023 yang disajikan oleh Pj Bupati Pasuruan, dalam katagori lumayan bagus.

Pasalnya, beliau (Pj Bupati Pasuruan, red) menjabat di Kabupaten Pasuruan di masa transisi menggantikan mantan Bupati HM Irsyad Yusuf yang purna tugas,

Baca Juga  Safari Ramadhan, Pj Bupati Pasuruan Serahkan Dana Hibah Tempat Ibadah dan Pondok Pesantren

“Dia menjabat di masa transisi jadi Pj di Kabupaten Pasuruan hanya 3 bulan lebih, maka sulit untuk menilai prestasi kinerja dengan waktu yang singkat tersebut, karena hanya melanjutkan program kepala daerah sebelumnya,” jelasnya.

Kendati demikian, lanjut pria yang akrab disapaas Dion itu, “Untuk mendorong kepada Pj Bupati di sisa waktu beberapa bulan ini, untuk melakukan inovasi dan trobosan yang nyata untuk memajukan Kabupaten Pasuruan yang lebih baik, dengan melakukan evaluasi kepada seluruh OPD yang kinerjanya dianggap masih rendah,” pungkas Mas Dion

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE