- Advertisement -spot_img

Dispertahottbun Sumenep: DBHCHT Tingkatkan Kwalitas Produksi Tembakau

ReporterKoesnaidi

Sumenep | Sigap88 – Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Kabupaten Sumenep Arif Firmanto akan memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) 2021 untuk meningkatkan kualitas bahan baku hasil petani dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)

“DBHCHT ini yang besarannya Rp 6,7 milyar akan dimanfaatkan untuk peningkatan baku yang biaya cukup tinggi dan untuk peningkatan SDM,” kata Kadis Pertahortbun Arif Susanto beberapa waktu lalu.

Dijelaskan oleh Kadis Arif, pengalokasiannya pengadaan bibit kepada para petani serta memberikan edukasi melalui penyuluhan penyuluhan demi peningkatan kualitas tembakau nantinya.

“Setidaknya melalui sosialisasi yang diberikan oleh para penyuluh pertanian akan berdampak kepada kualitas tembakan sehingga mampu mendongkrak harga tembakau pabrikan,” jelasnya.

Arif juga menambahkan bahwa DBHCHT yang diterima oleh Dispertahottbun Sumenep akan dialokasikan kepada bidang pengawasan penggunaan sarana dan untuk koordinasi dan sinkronisasi.

“Kami telah melakukan kegiatan pengawasan sarana melalui sekolah lapang yang tujuannya untuk meningkatkan SDM para petani,” ujarnya.

Sedangkan kegiatan sekolah lapang tersebut telah terealisasi di tiga tempat yaitu di Kecamatan Gulug guluk, Kecamatan Ganding dan Kecamatan Lenteng.

Setidaknya, kata Arif para petani dapat mengembangkan dari apa yang telah diperoleh dari sekolah lapang. “Para petani nantinya mampu untuk mengembangkan ilmunya yang telah diterimanya seperti
bagaimana budidaya tembakau. Mulai dari pemilihan benih, pembibitannya, penanganan hama, hingga pasca panennya,” tutur Arif.

Bahkan, petani nantinya bukan hanya mampu dalam pembudidayaan dan penanaman akan tetapi para petani nantinya mampu melihat kondisi alam sehingga diharapkan sukses penanaman dan sukses sewaktu panen. “Apabila kondisi tersebut dikuasai oleh para petani akan berdampak kualitas tembakau akan lebih baik dan hasil yang diharapkan petani memuaskan,” terangnya.

Diakui oleh Arif, peningkatan produksi tembakau selain melalui peningkatan SDM juga diperlukan sarana dan prasarana yang memadai maka dari itu, DBHCHT ini juga dialokasikan keoada pengadaan alat. “Kami sudah mengalokasikan kepada sarana dan prasarana dan sebagian lagi masih menunggu anggaran dari PAK,” ucapnya.

Setidaknya, kami akan terus mengawal dana dari DBHCHT ini guna memberikan dampak positif bagi petani dalam mengembangkan pertaniannya di bidang penanaman tembakau. “Pemerintah sangat fokus bagaimana kualitas bahan baku baik dan hasil Panin akan baik pula sehingga, akan meningkatkan harga tembakau,” ujarnya.

“Pemerintah berharap melalui DBHCHT yang terprogram baik ini berdampak.positif terhadap hasil bahan baku sehingga, hasil produksinya berkualitas yang akan berdampak kepada harga yang lebih tinggi yang akhirnya akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal