- Advertisement -spot_img

Disdukcapil Sumenep Luncurkan Program ‘Cita Samawa’

Sumenep | Sigap88 – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumenep, meluncurkan program percepatan administrasi kependudukan yang di beri nama Cita Samawa, bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kepala Dinas Kependudukan Sumenep Drs R. Achmad Syahwan Effendy melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran Kependudukan (Dafduk) Dra Wahasa, MM menyampaikan program Cita Samawa bekerja sama dengan Kemenag Sumenep utamanya dengan KUA dalam rangka memberikan percepatan pelayanan kependudukan.

“Program Cita Samawa merupakan inovasi dalam memberikan percepatan administrasi kepada Pasutri (Pasangan Suami Istri). Selesai Akad Memperoleh Akta Nikah dan Administrasi Kependudukan Warga Negara Indonesia,” ungkap Dra Wahasa. Senin (9/8/2021).

Di jelaskan oleh Kabid Wahasa, Cita adalah, Cepat, Inovatif, Tepat, dan akurat. Sedangkan Samawa adalah, selesai akad memperoleh Akte Nikah dan dokumen administrasi kependudukan warga Negara Indonesia.

“Kerjasama dengan Kemenag (KUA) sudah berjalan dan nampak buktinya sudah ada terutama di wilayah perkotaan Sumenep,” ujarnya

Dirinya berharap, kerjasama ini lebih intens lagi dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Masyarakat bisa terlayani dalam administrasi Akte Nikah dan sekaligus administrasi kependudukannya langsung mendapatkan pula,” harap Wahasa.

“Dengan mengurus dokumen akte nikanya, Masyarakat nantinya secara otomatis akan mendapatkan dokumen kependudukannya,” jelasnya.

Sehingga, pasutri dalam dokumen kependudukannya baik KTP dan KK nya status dirinya secara otomatis akan berubah juga.

Kami luncurkan program Cita Samawa ini, kerja sama dengan KUA, dikarenakan selama ini pihak Pasutri tidak langsung melaporkan update statusnya.

“Melalui kerja sama Cita Samawa ini, pihak KUA sekaligus melaporkan kepada Dukcapil dan akan keluar data perubahan dokumen kependudukannya,” pungkasnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
spot_img
spot_img

Opini

3,324FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
404PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Mulalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad ๏ทบ Mari Kita Tingkatkan Imam dan Taqwa Pada Masa Pandemi Covid 19

DALAM firman-Nya, Allah Subhanahu wa Taโ€™ala memerintahkan kita untuk selalu bershalawat kepada Rasulullah. Perintah ini terdapat dalam Alquran yang artinya: โ€œSesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.โ€ (QS. Al-Ahzab ayat 56)

Mari terus memperbanyak salawat. Di saat pandemi, mari sambut hari kelahiran pembawa risalah Islam Rahmatan Lil โ€˜alamin ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan

Rasulullah๏ทบ adalah manusia terbaik, mari kita teladani di sepanjang hidup kita

Seseorang Akan Bersama Orang Yang Ia Cintai

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ุณูŽุฃูŽู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู…ูŽุชูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชู ู„ูŽู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ูƒูŽุซููŠุฑู ุตูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽู„ูŽุง ุตูŽูˆู’ู…ู ูˆูŽู„ูŽุง ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ู‘ููŠ ุฃูุญูุจู‘ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ู…ูŽุนูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุญู’ุจูŽุจู’ุชูŽ โ€œDari sahabat Anas, sesungguhnya seorang laki-laki bertanya kepada Nabi, kapan hari kiamat terjadi ya Rasul? Nabi bertanya balik, apa yang telah engkau persiapkan? Ia menjawab, aku tidak mempersiapkan untuk hari kiamat dengan memperbanyak shalat, puasa dan sedekah. Hanya aku mencintai Allah dan Rasul-Nya. Nabi berkata, engkau kelak dikumpulkan bersama orang yang engkau cintai.โ€ (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Exclusive content

Sosial & Budaya

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal

- Advertisement -spot_img