- Advertisement -spot_img

Camat Gondangwetan Tunggu Hasil Monev Pembangunan TPT JUT Desa Lajuk

ReporterTim

Pasuruan, Sigap88 – Material Proyek Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Lajuk kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan, diduga tidak sesuai spesifikasi.

Pasalnya, proyek TPT Jalan Usaha Tani, yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2021 ini diduga memakai material paving yang tidak sesuai RAB.

Hal patut disayangkan, ditengah pandemi covid- 19 yang tengah melanda Indonesia, dimana rakyat Indonesia khususnya warga masyarakat Kabupaten Pasuruan sangat membutuhkan bantuan, Pemerintah Desa Lajuk, justru melakukan pembangunan dengan anggaran yang lumayan besar, yakni hampir 200 juta dengan memakai dana desa (DD).

Dari hasil pantauan di lapangan, terlihat pada material paving yang terpasang tidak tampak seperti paving yang bermutu dan berkwalitas. akan tetapi, material paving proyek TPT untuk fasilitas Warga Tani yang sudah diresmikan oleh Kepala Desa (Kades) Lajuk Su’udi, sangat meragukan dan patut dipertanyakan karena banyak bekas paving yang pecah.

Menyikapi hal tersebut, Camat Gondangwetan Hari Saputra mengatakan, bahwa pihaknya saat ini sedang melaksanakan monev terkait dengan pelaksanaan anggaran DD di seluruh desa di wilayah kecamatan Gondangwetan.

“Saat ini kecamatan dan pendamping desa sedang melaksanakan monev terkait dengan pelaksanaan anggaran DD di semua desa di wilayah kecamatan Gondangwetan. jadi saya belum mendapat laporan dari semua pelaksanaan pembangunan fisik di masing – masing desa,” Kata Camat Hari Saputra.

Meskipun demikian, pihaknya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap kwalitas material paving yang digunakan pada proyek TPT Jalan Usaha Tani, di desa Lajuk.

“Saya akan cek dulu mas, apakah itu memang K- 300 atau bukan,” Singkat Hari Saputra saat dihubungi melalui sambungan What’s App.

Hari Saputra menegaskan, bahwa pihaknya sudah mengmpulkan para kasi dan pendamping desa, untuk membahas guna melakukan pengecekan terhadap kwalitas material (Paving) proyek TPT Desa Lajuk.

“Kami kumpulkan pendamping desa dan kasi, nanti kita cek secara internal terlebih dahulu. Kalau memang merugikan, ya biar instansi berwenang yang bertindak,” Tegasnya.

Namun, Hari Saputra memastikan Kepala Desa tidak akan berani macam – macam dalam penggunaan dana desa, mengingat resiko yang bakal ditanggung, bagi Kepala Desa yang berani melakukan penyimpangan dana desa.

“Pasti tidak berani macam – macam terkait penggunaan DD karena resikonya, mereka sendiri yang akan menanggung,” Tutur Hari Saputra.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Lajuk, Su’udi masih belum bisa dihubungi hingga berita ini ditulis.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal