Bupati Tubaba Buka Festival Tiyuh – Tiyuh Secara Daring

45

Tubaba | SIGAP88 – Bupati Tulangbawang barat (Tubaba) Umar Hamad membuka Festival Tiyuh-tiyuh secara daring.

Hal ini dilakukan untuk mempertimbangkan situasi pandemi covid-19. Apalagi semakin meningkatnya kasus penderita covid-19 di seluruh Indonesia.

Festival Tiyuh-tiyuh yang rencananya digelar secara langsung (luring) dan dipusatkan di kawasan Ulluan Nughik, Panaragan

Namun saat suasana seperti ini disesuaikan ke dalam platform digital (daring), sungguh pun bazar kuliner, pameran seni kriya,  pameran fotografi masih digelar secara langsung di venue-venue pameran di kawasan Ulluan Nughik, namun kuantitas dan durasi pamerannya dikurangi, dari semula setiap akhir pekan pekan (Sabtu dan Minggu) menjadi hanya setiap hari Minggu jam 10:00-17:00 WIB. 

Sementara schreening film karya warga Tubaba hanya diperuntukan untuk undangan khusus dan secara luas dipertontonkan secara daring.

Seluruh seni pertunjukan disiarkan melalui metode tapping (pengambilan gambar terlebih dahulu), panitia telah membentuk tim khusus untuk melakukan syuting di tiyuh-tiyuh penampil. Upacara pembukaan (opening ceremony) Sabtu (03/07/2021).

Bupati Umar Hamad menyampaikan festival tiyuh-tiyuh merupakan program Pemerintah Daerah Tubaba melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tubaba. 

“Tema festival ini meminjam yang   kearifan lokal Lampung ‘Sakai Sambayan’ yang difahami sebagai gotong royong, saling tolong menolong, bahu membahu, dan saling memberi pada apa yang diperlukan orang lain” katanya.

Dari tema tersebut, lanjut Umar secara kongkret dapat terwujud dalam proses kerja festival tiyuh-tiyuh Tubaba 2021.

“Lebih jauh proses kerja festival ini sebagai upaya untuk mewujudkan visi kebudayaan Tubaba “Pulang ke masa depan”, sebuah visi yang memiliki pengertian: memperbaiki kualitas  dalam semua aspek kehidupan” pungkasnya (Paidi)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE