Bupati Sumenep Nyatakan, Pilkades Serentak di Tunda

224

Sumenep | Sigap88 – Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH, MH usai mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Forkopimda Sumenep di Rumah Dinas (Rumdis) Bupati menyampaikan bahwa, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur di tunda.

“Hasil Rakor Pilkades serentak di tunda hingga ada kepastian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat berakhir,” kata Bupati Achmad Fauzi. Senin (5/7)

Penundaan Pilkades serentak ini kata Achmad Fauzi berdasarkan Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas peraturan Mendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

“Pemerintah Daerah dalam melaksanakan tahapan pemilihan Kepala Desa perlu melakukan penegakan protokol kesehatan untuk mencegah aktivitas yang menimbulkan penyebaran/penularan Corona Virus Disease 2019 yang membahayakan kesehatan masyarakat,” terangnya.

Hal itu, juga mengacu kepada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. “Keputusan Gubernur (Kepgub) tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang dikeluarkan pada Jumat, 2 Juli 2021,” ujarnya.

“Kami mengedepankan kesehatan dan keselamatan masyarakat agar tidak terpapar Covid-19, dan semuga keputusan ini bisa di pahami oleh semua pihak,” ucapnya.

Dirinya menegaskan, penundaan ini hanya waktu pencoblosan saja. “Ini tidak akan menggugurkan tahapan Pilkades, Hanya penundaan pencoblosan saja,” tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep telah memutuskan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak akan di gelar pada hari Kamis 8 Juli 2021 yang akan di ikuti oleh 86 Desa baik daratan maupun di kepulauan.

“Kami berharap dalam waktu dekat tren kasus Covid-19 setelah di berlakukannya PPKM darurat segera menurun, dan tidak ada sehingga, kita dapat segera melaksanakan Pilkades serentak,” harapnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE