- Advertisement -spot_img

Bupati Sumenep Lantik Pengurus PABPDSI Periode 2021-2027

ReporterAiniyah

Sumenep | Sigap88 – Bupati Sumenep Achmad Fauzi. SH. MH melalui Plt Asistem Pemerintahan dan Kesra Setdakab H. Ahmad Masuni berharap dengan dilantiknya Pengurus Daerah Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Sumenep, periode 2021-2027 diharapkan mampu menjembatani permasalahan yang ada antara Kepala Desa dengan BPD di setiap Desa.

Hal itu disampaikan oleh Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Ahmad Masuni saat menghadiri pelantikan PABPDS Kabupaten Sumenep yang terselenggara di aula TP PKK area Rumah Dinas Bupati. Sabtu (20/11).

“Dengan terlantiknya pengurus PABPDSI diharapkan mampu menjembatani semua permasalahan yang dihadapi di setiap Desa apabila ada permasalahan antara kepala Desa dengan BPD,” kata Ahmad Masuni.

Sehingga, melalu PABPDSI mampu meningkatkan peran BPD dalam mengawasi kinerja Kepala Desa. “Sesuai dengan Undang Undang Desa Nomer 6 tahun 2014 yang salah satu bunyinya adalah mengembalikan desa pada sistem pemerintahan yang berbasis masyarakat,” ucapnya.

Disebutkan pula oleh Masuni bahwa Fungsi
yang terkandung didalamnya adalah pemberdayaan masyarakat, menyusun perencanaan, mengawasi dalam pelaksanaan dan mengontrol, termasuk mengevaluasi sehingga sesuai dengan realitas.

Bahkan BPD memiliki posisi strategis dalam menjawab kebutuhan masyarakat, termasuk juga berperan penting dalam mengawal pembangunan desa. “Hal itu harus sejalan dengan apa yang telah menjadi kesepakatan dengan pemerintah desa melalui musyawarah sehingga akan tercapai pembangunan yang diharapkan,” paparnya.

Maka dari itu, BPD berperan secara maksimal dalam melakukan pengawasan untuk kemajuan desa, kepala desa bukan lawan politik BPD, melainkan mitra untuk membangun bersama, bukan malah saling mencari kesalahan.

“Setidaknya BPD mampu pula menjadi motor penggerak dalam meningkatkan peran serta masyarakat dalam membangun Desa,” imbuhnya

Sementara itu ketua panitia pelantikan PABPDSI Ahmad Lutfi menyampaikan kepada awak media, bahwa Dengan terbentuknya dan terlantiknya pengurus PABPDSI yang menaungi semua BPD yang ada di Desa memasuki era baru dan babak baru.

“PABPDSI harus mampu memberikan suatu perubahan baru dalam menaungi BPD di setiap Desa di kota keris ini,” kata Lutfi.

Lutfi juga berharap PABPDSI mampu berperan aktif dalam memaksimalkan pembangunan di Desa, karena BPD mempunyai peran penting didalamnya.

Sehingga apa yang diharapkan dapat terwujud. “Target yang ingin kita capai adalah melalui Desa bisa membangun Indonesia,” tukasnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal