- Advertisement -spot_img

Bupati Sumenep Hadiri Penandatanganan MoU Program Pelayanan Disdukcapil

ReporterAiniyah

Sumenep | Sigap88 – Bupati Sumenep Achmad Fauzi. SH, MH menjadi saksi penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) Anatar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan Instansi terkait tentang Program Pelayanan Perekaman Dokumen kependudukan yang terlaksana di kantor Camat Kalianget Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Rabu (17/11).

Turut hadir selain Bupati Achmad Fauzi, Wabup Hj Dewi Khalifah, Sekdakab Sumenep Edi Rasyadi, Kapolres Sumenep AKBP Rahman Wijaya. S.I.K, Dandim 0827/ Sumenep, Kajari Sumenep,Asisten, Kepala Disdukcapil Drs R. Ach Syahwan Effendi, Kadinkes Agus Mulyono, Kadisdik Moh Iksan, Forpimka Kalianget, petugas pelayanan Disdukcapil

Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam sambutannya menyampaikan, di era digitalisasi 4.0 ini harus menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) mampu menyesuaikan percepatan pelayanan.

“Demi mengejar pelayanan lebih baik pelayanan kependudukan maka diperlukan peningkatan SDM para petugas Capil dalam meningkatkan pelayanan dokumen kependudukan,” kata Bupati Fauzi

lBupati Achmad Fauzi, juga melakukan rapat vertual tentang program Pelayanan jemput bola (Jebol) dan menurut Camat Ra’as sudah melakukan program tersebut dengan maksimal sehingga, tinggal 5 persen penduduk masyarakat Ra’as yang masih belum mempunyai dokumen kependudukan.

“Tingkatkan pelayanan guna tercapai percepatan masyarakat mempunyai dokumen kependudukan, bekerja sama dengan pihak terkait yang diantaranya dengan Disdukcapil serta dengan pemeruntah Desa,” tegasnya

Bupati berharap nantinya di tahun 2023 masyarakat di Kabupaten Sumenep sudah mempunyai dokumen kependudukan semua.

Dalam hal ini, pemerintah terus mendorong agar perubahan peningkatan pelayanan melalui digitalisasi terus berkembang dengan tuntutan jaman. “Sesuai dengan visi dan misi Bismilla melayani Pemerintah terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Sumenep,” ucapnya.

Melihat kondisi geografis Kabupaten Sumenep yang mempunyai beberapa Kecamatan kepulauan maka kami mengharuskan dan mewajibkan memberikan pelayanan kepada masyarakat sampai titik tersulit sekalipun.

“Melalui sistem digitalisasi ini diharapkan memberikan perubahan pelayanan yang betul betul lebih baik, sehingga masyarakat tidak terbebani biaya dalam pelayanan dokumen,” tuturnya

Disdukcapil dalam meningkatkan pelayanan di imbangi pula dengan sarana dan prasarana pencetakan KTP-el dan KIA seperti di Maal Pelayanan Publik, UPTD Kependudukan dan Catatan Sipil wilayah satu Ganding, wilayah dua Ambunten, dan sembilan kecamatan Kepulauan yaitu wilayah tiga Gayam, wilayah empat Arjasa Talango, Gili Genting, Nonggunong, Ra’as Masalembu, Kangayan dan Sapeken serta dua anjungan Capil Mandiri dan pengembangan pelayanan online di situs Simponi Sumenep cup.co.id.

Sesuai dengan peraturan Bupati tentang layanan kependudukan terintegrasi Disdukcapil Sumenep bekerja sama dengan Kementerian Agama Sumenep yaitu Citasamawa, Dengan Pengadilan Agama Sumenep, dan Kangean yaitu Sepeddis,

Sedangkan dengan RSI Kalianget, Dinkes Sumenep serta RSUD Moh. Anwar bentuk kerjasamanya yaitu Anandakita, bahkan dengan Disdik Sumenep bentuk kerjasamanya adalah Cendikia.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal