BPD Pragaan Daya Gelar Musdes RKPDes Tahun Anggaran 2022

184

Sumenep | SIGAP88 – Pemerintah Desa (Pemdes) melalui Badan Permusyawaratan Desa(BPD) Pragaan Daya, Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) tahun Anggaran 2022.

Musdes yang terselenggara di pendopo Balai Desa Pragaan Daya di hadiri oleh Kasi PMD Drs. M. Hidayat, Kapolsek Prenduan AKP A. Supriyadi, SH. Perwakilan Danramil Pragaan Serma Abdul Salam, Kepala Desa Pragaan Daya Imrah Wahyudi, S.Sos beserta perangkat Desa, tokoh Agama, Masyarakat dan pemuda, ketua BPD K. Saiful serta ketua PKK Desa. Rabu (8/9).

Ketua BPD Pragaan Daya K. Saiful menyampaikan, Musdes ini merupakan suatu keharusan dalam menentukan program yang akan dilaksanakan dalam penentuan RKPDes tahun anggaran 2022.

“RKPDes merupakan agenda tahunan dalam menentukan program prioritas pembangunan yang akan di laksanakan di tahun 2022,” kata Saiful.

Maka kami harapkan kepada masyarakat yang di wakili oleh semua unsur dan di prakarsai oleh Kepala Dusun (Kadus) untuk menentukan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2022.

“Kami berharap Musdes ini menjadi acuan untuk menentukan tiitik yang akan di laksanakan pembangunan,” tuturnya.

Sementara itu Kasi PMD Kecamatan Pragaan Drs. M Hidayat menyampaikan RKPDes merupakan tindak lanjut Musawarah setiap Dusun untuk mengakomodir pengusulan pembangunan yang dinyatakan prioritas.

“Ini merupakan musyawarah perencanaan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan tahun depan dan sesuai dengan permendes Nomer 21 tahun 2020 bahwa dalam RKPDes harus di bentuk tim penyusun,” jelasnya.

Menurutnya, dalam penyusunan RKPDes 2022 terlebih dahulu mencermati RPJMDes yang ada di Desa Ini. “Acuannya harus mengambil dalam RPJMDes yang ada di Desa dan yang telah di bahas bersama oleh Desa Sendiri,” ujarnya.

“Hal itu dapat memberikan sinkronisasi setiap pembangunan yang masuk ke Desa, baik yang sudah di APBDes kan dan pembangunan dari daerah yang masuk ke Desa Sehingga kesemuanya akan terakomodir,” imbuh Hidayat.

Sementara itu Kapolsek Prenduan, AKP A. Supriyadi, SH berharap segala usulan yang menjadi prioritas betul betul tepat sasaran dan mempunyai daya guna besar kepada masyarakat.

Setidaknya pembangunan tersebut ada output dan outcame. “Output nya adalah perencanaan pembangun yang sekarang di usulkan, tahun depan bisa terwujud, dan bernilai, baik kualitas dan kuantitasnya,” ungkap Kapolsek Priyadi.

Sedangkan Outcame nya adalah bagaimana pembangunan tersebut bermanfaat dan berguna kepada masyarakat lebih lebih dalam peningkatan ekonominya.

“Semoga apa yang menjadi usulan prioritas menjadi sebuah Output dan Outcame bagi masyarakat,” tutupnya. (Ain)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE