Bid Propam Polda Jatim Periksa Senpi Anggota Polres Pasuruan

71

Pasuruan, Sigap88 – Mengantisipasi penyalahgunaan senjata api (Senpi) serta memastikan kalayakan dan kelengkepan senjata api, Bidang Propam Polda Jawa Timur lakukan pemeriksaan senpi milik seluruh anggota Polres Pasuruan.

Pemeriksaan yang dipimpin Kasubbidprovos Bidpropam Polda Jatim AKBP Tulus Juswantoro, S.I.K., serta didampingi Kpolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, berlangsung di depan halaman Polres Pasuruan, Kamis (4/3/21).

Terlihat dilokasi, senjata api milik anggota Polres Pasuruan, diperiksa mulai dari kelengkapan surat – surat hingga memastikan bahwa senjata api dalam kondisi baik dan siap pakai.

“Ya hari ini dilakukan pemeriksaan senpi bagi masing-masing satker, Dalam Program kerja 100 hari Bpk. Kapolri salah satunya yaitu Transformasi pengawasan dengan meminimalisi pelanggar. Dan juga Tujuannya memastikan senpi dalam kondisi siap pakai dan digunakan,” kata AKBP Tulus Juswantoro.

Selain itu juga, AKBP Tulus, menyebutkan bahwa jika kedapatan surat-surat senpi dalam kondisi mati, maka senpi tersebut akan diambil dan itu bagian dari sanksi bagi anggota pemegang senpi.

“Jika surat senpi maupun kebersihan senpi tidak diperhatikan, maka senpi tersebut akan ditarik. Dan itu sudah menjadi sanksi bagi anggota,” Sebut dia.

AKBP Tulus menerangkan, bagi anggota yang memegang senpi, ini juga harus memenuhi syarat seperti lulus ujian psikotes atau psikologi, kemudian uji praktek menembak, dan itu syarat yang harus dilalui oleh anggota.

Kegiatan pemeriksaan senpi, Lanjut Tulus, “ini tidak hanya dilakukan hanya di jajaran Polda Jatim dan jajaran Polres saja, nantinya juga akan berlanjut hingga jajaran tingkat paling bawah, yakni ke Polsek-polsek,” Lanjutnya.

Sementara itu Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K. S.H., M.H menyatakan bahwa dalam pemeriksaan, seluruh anggota yang membawa senpi, semuanya hadir tanpa terkecuali.

“Seluruh anggota yang memegang senpi, alhamdulillah semuanya hadir,” Ungkap AKBP Rofiq R.H.

Berkaitan hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan, ditemukan puluhan senpi yang kotor, yang kemudian akan disimpan di gudang senpi Sarpras Polres Pasuruan. sedangkan kartu senpi yang habis, nihil.

“Saya mendukung program dari Bid Propam Polda Jatim, yang memeriksa senpi milik anggota Polres Pasuruan. Karena senpi ini menjadi prioritas untuk dipelihara dan dikelola dengan baik,” Ujarnya.

Kapolres menegaskan, bahwa setiap anggota harus disiplin dalam penggunaan senjata api (senpi) “Seperti administrasinya dan psikologi harus sesuai dengan pemegangnya,” Tegasnya. (And/Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE