Beraksi Di 15 TKP, Spesialis Jambret Hp Asal Panggungrejo di Dor

331

Pasuruan, Sigap88 – Tim Resmob Suropati (TRS) Polres Pasuruan Kota (Paskot) berhasil ungkap pelaku tindak pidana pencurian disertai kekerasan.

Dalam Press Release yang dilakukan di Joglo Parama Satwika Polres Pasuruan Kota, yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Kota Pasuruan, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, S.Ik, M.Si, memampang kedua tersangka spesialis pelaku penjambret HP kepada awak media, Kamis (18/3/21).

Kedua tersangka Anang Prasetyo (22) merupakan warga kelurahan Bugul Lor, Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan ini, ditangkap TRS Polres Pasuruan Kota setelah melakukan aksinya merampas dan menyeret korban yang masih dibawah umur, yang sempat viral di media sosial (medsos).

“Tersangka, kita tangkap setelah melakukan aksinya menjambret Hand Phone seorang anak kecil yang sempat viral di media sosial,” Kata Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, S.Ik, M.Si.

AKBP Arman menjelaskan bahwa, modus operandi yang dilakukan tersangka, sangat membahayakan korban, karena sasaran yang dilakukan kedua pelaku, rata – rata anak yang masih dibawah umur, sehingga petugas dengan terukur, terpaksa melumpuhkan kaki tersangka.

“Pelaku ini tergolong sadis, dan tidak segan – segan untuk melakukan aksi pengancaman dan kekerasan terhadap korbannya yang masih kanak – kanak,” Jelas Arman.

Arman melanjutkan, dalam melakukan perbuatannya, pelaku yang beraksi di 15 TKP ini dengan cara berkeliling dan mencari sasaran anak kecil yang sedang duduk memegang handphone dalam keadaan sendiri, sepi. setelah dirasa bahwa keadaan aman, pelaku turun dari motor yang dikendarainya kemudian merampas Handphone anak kecil tersebut.

“Apabila korban berontak atau ada perlawanan, pelaku akan mengancam korban dengan mengeluarkan senjata jenis sabit dan pisau dapur untuk mengancam akan membacok korban apabila korban tidak menyerahkan barangnya,” Lanjutnya.

Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan barang bukti (BB) 1 (satu) Buah HP Merk /Type Oppo type A11K warna biru, 1 (satu) Buah HP Merk / Type VIVO Y91C wama hitam, 1 (satu) Buah HP Merk /Type Oppo type A5 2020 Wama putih, 1 (satu) Buah HP Merk /Type Oppo Neo 7 Warna hitam, 1 (satu) Buah HP Merk /Type Samsung type A20S Warna hitam dan Sebilah Sabit Panjang Kurang lebih 40 / 35 cm serta 1 (satu) unit Sepeda Motor Honda Vario warna Hitam Nopol : N-2995VR Noka : MH1JM5117LK676915 Nosin : JM51E 1676620.

“Barang hasil kejahatan berupa handphone tersebut dijual kembali oleh tersangka kepada orang lain melalui media sosial facebook grup jual beli handphone Surabaya, Sidoarjo, Bangil,” Papar Arman.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku disangkakan melanggar Pasal 365 Ayat 1 KUHP dengan hukuman penjara selama-lamanya 9 tahun.

“Dihukum pencurian didahului, disertai atau diikuti dengan kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap orang. dan Pasal 365 Ayat 2 ke 2e KUHP, Hukuman penjara selama-lamanya 12 tahun, jika perbuatan dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu,” Pungkasnya. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE