Baznas Bersinergi dengan Pemkab Sumenep Beri Bantuan Modal Kepada UMKM

66

Sumenep | Sigap88 – Badan Amil Zakat (Baznas) bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, memberikan bantuan modal.bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Pemberian modal tersebut kepada pelaku UMKM bertujuan untuk meningkatkan usahanya.

“Baznas sebagai pengelola zakat, infak dan sedekah tidak hanya bergerak dalam bidang sosial yang sifatnya jangka pendek saja, melainkan juga mempunyai program produktif demi mendorong pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Buoati Sumenep Achmad Fauzi, SH, MH saat memberikan menyerahkan modal usaha kepada UMKM di oasar Lenteng. Senin (17/97).

Advertisement
Baca Juga  Bazar Takjil Ramadhan, Pemkab Sumenep Pertahankan Kuliner Lokal dan Produk UMKM

Menurutnya, bantuan modal usaha tersebut dalam rangka memberdayakan perekonomian masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep.

Dirinya berharap, pelaku UMKM yang menerima bantuan modal usaha agar memanfaatkan dananya untuk usaha, sehingga semakin bersemangat berdagang atau berjualan dalam upaya mengembangkannya.

“Bantuan ini bisa mendorong pelaku UMKM berniaga, untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraannya,” ucap Fauzi.

Baznas Kabupaten Sumenep bersinergi dengan pemerintah daerah dalam melaksanakan program, termasuk pengentasan kemiskinan dengan pemberdayaan dhuafa, dalam rangka peningkatan ekonomi kemasyarakatan, seperti pembinaan UMKM baik di perkotaan maupun pedesaan, dan bantuan modal usaha bagi para pedagang pasar.

Baca Juga  Kemenhub Setuju Rute Baru, dari Pelabuhan Celukan Bawang, Bali ke Pelabuhan Ra'as, Sumenep

“Baznas hendaknya melebarkan sayap dan jejaring kemitraan dengan lembaga pemerintah, BUMN maupun BUMD, agar pengelolaan zakat, infak dan sedekah di Kabupaten Sumenep semakin lebih baik,” imbuhnya.

Ketua Baznas Kabupaten Sumenep Syukri mengungkapkan, porgram bantuan modal usaha sebagai langkah nyata membantu pelaku UMKM, khususnya di Pasar Lenteng demi mengembangkan usaha.

Sukri menyebutkan, ada 55 orang pelaku usaha kecil di pasar Lenteng yang menerima bantuan modal usaha dari Baznas,” ungkapnya.

Baca Juga  10 Kios Pasar Polowijo Waru Pamekasan Terbakar

Selain memberikan bantuan modal usaha juga memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM, untuk memberikan motivasi agar mereka mengembangkan usahanya.

“Dalam setiap bulan kami melakukan pendampingan serta melakukan pengawasan guna memutivasi para usaha kecil,” terangnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE