- Advertisement -spot_img

Antisipasi Bencana, Forkopimda Kab. Malang Apel Gelar Pasukan

ReporterDiky

MALANG, SIGAP88 – Dalam rangka mengantisipasi adanya bencana alam Hidrometeorologi di tahun 2021, Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono bersama Forkopimda Kabupaten Malang laksanakan apel gelar pasukan, Senin (25/10/2021).

Apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Bupati Malang H.M. Sanusi, dilakukan di lapangan Satya Haprabu, Polres Malang, dengan di dampingi Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono dan Dandim 0818 Malang – Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra.

Adapun pasukan yang terlibat dalam kegiatan, yakni Kepala BMKG Kabupaten Malang, Kepala BPBD Kabupaten Malang, Kasatpol PP Kabupaten Malang, Kadinkes Kabupaten Malang, Kadinsos Kabupaten Malang dan Ketua PMI Kabupaten Malang serta para relawan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Malang H.M. Sanusi, membacakan amanatnya bahwa hari ini telah dilaksanakan apel bersama TNI Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Malang, sebagai upaya untuk persiapan antisipasi terjadinya bencana alam di Kabupaten Malang, di tengah Pandemi Covid-19.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa kondisi Geografis dan Geologis Kabupaten Malang pada umumnya sangat memungkinkan terjadinya bencana, apalagi saat ini kita sedang peralihan musim atau disebut musim pancaroba. Tidak menutup kemungkinan dapat terjadinya bencana Hidrometeorologi, sehingga seluruh pihak perlu meningkatkan kesiapsiagaan,” Tuturnya.

Tujuan dilaksanakan kegiatan apel gelar pasukan ini dilakukan untuk mensinergikan kesiapsiagaan sarana dan prasarana serta personel, materiil dan tugas pokok, peran dan fungsi dari masing-masing dalam melakukan penanganan bencana dengan cepat dan tepat.

Lebih lanjut Sanusi mengatakan, peringatan dini potensi bencana Hidrometeorologi ini harus direspon dengan menyiapkan berbagai langkah antisipasi guna meminimalisir resiko bencana termasuk mengantisipasi terjadinya kelas terbaru penyebaran Covid-19 ditengah bencana alam yang sedang mengintai. Sehingga mitigasi lanjutan harus terus dilakukan dengan menyiapkan rencana cadangan yang sesuai dengan kondisi kedaruratan Covid-19.

“Meskipun Pemerintah kabupaten Malang telah memberikan tugas kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebagai badan yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan pelaksanaan penanggulangan bencana di Daerah, namun penanggulangan bencana ini tentu bukanlah tanggung jawab mutlak dari Pemerintahan Daerah saja melainkan juga tanggung jawab dari sejumlah atau seluruh komponen masyarakat Pemerintah Daerah,” Ucanya.

Selain itu, Lanjut Sanusi, “Terdapat struktur Pemerintahan tingkatan paling bawah. Karena itu jaringan struktur ini perlu kita bangun sinergi dan koordinasi dalam rangka mempercepat efektivitas penanggulangan dan pencegahan bencana yang terjadi hingga pelosok Daerah,” Lanjutnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal