- Advertisement -spot_img

Anggota Polres Pamekasan Turun Merakyat, Aktif Jadi Bilal

ReporterRoby

Pamekasan | SIGAP88 – Menyatu dengan masyarakat, itulah yang ditunjukkan seorang aparat Polri di Kepolisian Sektor (Polsek) Kota Polres Pamekasan

Sudah jadi tabiat bagi Bripka Sutrisno, Banit Binmas Polsek Kota, Polres Pamekasan ini dalam kesehariannya kerap terlihat berbaur dengan masyarakat. Bahkan ia di kenal juga oleh masyarakat Kabupaten Pamekasan sebagai polisi yang merakyat.

Sutrisno juga dikenal oleh warga Pamekasan yang sudah terbiasa aktif berkeliling safari Jumat sebagai bilal di sejumlah masjid yang ada di Pamekasan

Saat dimintai keterangannya oleh awak media tentang aktifnya sebagai bilal di beberapa Masjid, Sutrisno menyampaikan, “Saya mulai menjadi Bilal Masjid sejak tahun 2015 sampai sekarang,” ungkap Sutrisno. (2/11) kemarin.

Sosok yang ramah dan santun ini setiap hari Jumat selalu memiliki jadwal khusus menjadi Bilal di sejumlah Masjid di Pamekasan.

“Saya walaupun saat menjalankan tugas sebagai abdi Negara dan berseragam polisi tetap menjalankan sebagai bilal masjid,” jelasnya.

“Saya pertama kali menjadi Bilal masjid di Ponpes Kayu Manis dan dengan seragam lengkap polisi,” ucapnya.

Menurutnya, tujuan dirinya menjadi bilal, ingin mencitrakan polisi yang merakyat dan mengayomi di kalangan masyarakat.

“Dengan cara pendekatan secara langsung bersama warga membuat Citra Polisi sebagai pengayom masyarakat akan lebih tampak terlihat” tuturnya

Kata Sutrisno, masyarakatpun akan lebih mudah untuk bersinergi memberikan informasi mengenai pelayanan keamanan di wilayah tersebut

Sutrisno juga di tunjuk sebagai Takmir Masjid Nurul Huda Desa Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten setempat. “Saya juga mengajak masyarakat untuk membumikan Sholawat dan menjadi vokal utama di majelis Sholawat Riyadul Jannah Madura” ujarnya.

“Saya dalam setiap pekan biasanya menjadi Bilal di Masjid Nyalabu Daya, di Masjid Lapas Pamekasan, di Masjid area Polsek Kota, di Masjid Polres Pamekasan, di Masjid Ponpes Kayu Manis, dan di Masjid area rumah saya sendiri,” tuturnya

Saat ini kata dia, fokus ke gerakan membumikan Sholawat di masyarakat, karena dengan Solawat itu hati yang keruh atau kotor bisa jadi bersih.

“Saya ikhlas bekerja untuk membumikan gerakan Sholawat di masyarakat, dengan begitu masyarakat bisa menilai sendiri bahwa Polisi bisa menjadi contoh dalam menjalankan kebaikan,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto mengapresiasi gerakan membumikan Solawat dan menjadi Bilal yang dilakukan oleh anggotanya tersebut.

“Ini menjadi contoh bagi kita semua untuk lebih mendekatkan Polisi dengan masyarakat hingga Pamekasan rercipta situasi yang aman, tertib dan kondusif,” terangnya.

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal