Anggota DPRD Sumenep Pantau Acara Adat Nyadar Ditengah Pemberlakuan PPKM Darurat

81

Sumenep | Sigap88 – Pelaksanaan upacara adat Nyadar yang biasa di lakukan oleh masyarakat Pinggir Papas, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur beda dengan pelaksanaan upacara Nyadar yang dilaksanakan tahun tahun sebelumnya.

Dalam situasi Pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM darurat pemerintah memberikan intruksi agar tidak ada kerumunan.

Maka, prosesi Nyadar saat ini Polres Sumenep menerjunkan personil gabungan yang terdiri dari TNI/Polri dan Satpol PP serta tim dari kesehatan Kabupaten Sumenep untuk melakukan penyekatan.

Anggota DPRD Sumenep dari Fraksi PDI-P H. Abdurrahman menyampaikan, prosesi upacara adat Nyadar tahun ini harus di laksanakan dengan penerapan protokol kesehatan dengan tidak menimbulkan kerumunan.

“Demi menghindari terjadinya klaster baru maka, perlu dilakukan penyekatan yang di lakukan oleh tim gabungan TNI/Polri dan Satpol PP serta satgas Covid Kabupaten dan Kecamatan,” kata Abdurrahman Jum’at (23/7).

Menurutnya, sesuai dengan keputusan Menteri Dalam Negeri bahwa setiap acara yang akan menimbulkan kerumunan tidak diperbolehkan. “Pelaksanaan Nyadar tahun ini dengan cara dilakukan penyekatan agar tidak menimbulkan kerumunan,” ungkapnya.

“Jadi, kami sangat membatasi bagi para peziarah, hanya yang paling utama adalah bagi pemangku adat dan para sesepuh,” ujarnya.

Sedangkan, bagi para peziarah dilakukan secara bergiliran sehingga tidak terjadi kerumunan. “Para peziarah sampai saat ini tidak terjadi penumpukan, bahkan peziarah dan pengunjung tidak ada 15 persen dari peristiwa nyadar tahun tahun sebelumnya.

“Kerja sama dengan tim prokes Kabupaten dan Kecamatan serta dari petugas TNI/Polri juga dari Forpimcam Kalianget -Forpimcam Saronggi dan pemangku adat maka terealisasi prosesi upacara Adat Nyadar dengan di ikuti oleh orang orang tertentu saja,” terangnya.

Kami juga berharap nanti di prosesi Nyadar yang ke dua dan selanjutnya tidak seperti ini. “Semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu dan acara demi acara berjalan dengan sebagai mana mestinya,” harapnya. (Koes)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE