- Advertisement -spot_img

Aktivis Makar, Demo Kejari Bangil dan Pemkab Pasuruan

PASURUAN, SIGAP88 – Non-Governmental Organization (NgO) aktivis yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Anti Korupsi Anggaran Rakyat (MAKAR) menggelar aksi demo di depan Kantor Kejaksaan Negeri Bangi dan Komplek Perkantoran Raci, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan, Selasa, (26/10/21).

Aksi demo yang digelar oleh gabungan Lsm se- Pasuruan Raya beserta ratusan massa ke Pemkab Pasuruan, berkaitan dengan kasus dugaan gratifikasi terhadap proyek pokok pikiran (Pokir) di lingkup DPRD Kabupaten Pasuruan, yang terindikasi adanya kongkalikong dengan OPD Pemkab Pasuruan.

Dengan membawa batu nisan yang diletakan di depan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Pasuruan, para pendemo meneriakan kematian terhadap kinerja birokrasi dilingkup Pemkab Pasuruan.

Dalam aksinya, para pendemo yang terdiri dari hampir seluruh Ketua Lsm di Pasuruan Kota dan Kabupaten, meneriakan di dalam komplek perkantoran Raci, Jalan Bangil, terkait dengan dugaan telah terjadinya praktek-praktek korupsi, kolusi dan nepotisme dalam setiap penyusunan, perencanaan dan pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pasuruan, antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan.

“Bahwa pelaksanaan dari penyusunan dan perencanaan APBD melalui usulan dari Anggota DPRD adalah inheren atau sudah melekat dengan fungsi penganggaran (budgeting) dari DPRD. Sehingga tidak menjadi alasan anggota DPRD untuk meminta paket pekerjaan penunjukan langsung berikut merekomendasikan pihak ketiga (penyedia/rekanan jasa kontruksi) kepada OPD terkait untuk melaksanakan pekerjaan fisik,” Tegas Direktur Lsm Pusaka, Lujeng Sudarto, SH.

Menurut Kang Lujeng, usulan atas penyusunan program kegiatan yang bersumber dari APBD dari Anggota DPRD kepada OPD terkait berupa paket penunjukan langsung dengan nilai pagu rata-rata dua ratus juta rupiah (Rp.200.000.000,00) adalah bagian dari skenario menghindarkan dari mekanisme lelang secara terbuka, sehingga dilakukan dengan lelang secara terbatas dengan mekanisme penunjukan secara langsung kepada rekanan yang sudah direkomendasikan oleh anggota DPRD.

Para aktivis Makar saat orasi di depan Kantor Kejaksaan Negeri Bangil, Kabupaten Pasuruan

“Permintaan atau ploting hampir semua pekerjaan fisik berupa paket penunjukan langsung kepada rekanan yang ditunjuk atau direkomendasikan oleh Anggota DPRD kepada OPD terkait, adalah bagian dari praktek KKN yang berikutnya berpotensi terjadinya gratifikasi antara penyedia kepada anggota DPRD Kabupaten Pasuruan,” Jelas Koordinator Aliansi Makar itu.

Berkaitan dengan pola-pola penunjukan rekanan oleh Anggota DPRD untuk melaksanakan paket pekerjaan kontruksi di beberapa OPD, berlaku permintaan success fee sebesar kurang lebih lima belas persen (15%) dari nilai pagu proyek kepada rekanan oleh anggota DPRD, sebelum (system ijon) atau sesudah Surat Perintah Kerja diterbitkan oleh OPD terkait.

“Permintaan atau pemberian success fee sebesar 15% tersebut sangat mungkin berpengaruh terhadap rendahnya mutu atau kualitas pekerjaan kontruksi tersebut,” Katanya.

Selain itu, Ploting atas dasar rekomendasi terhadap paket-paket pekerjaan oleh anggota DPRD kepada pihak rekanan sangat berpengaruh terhadap persaingan tidak sehat dalam mendapatkan pekerjaan antar rekanan.

“Sehingga terjadi konsentrasi atau akumulasi pekerjaan paket penunjukan langsung pada rekanan rekanan yang memiliki akses dan kedekatan dengan anggota DPRD,” Jelas Kang Lujeng.

Dalam tuntutannya, Masyarakat Anti Korupsi Anggaran Rakyat, meminta agar Bupati Pasuruan, mencopot pejabat OPD yang terlibat dalam konspirasi pemufakatan jahat atas penunjukan rekanan rekomendasi anggota DPRD yang berpotensi terjadinya KKN.

“Kami menuntut agar Bupati Pasuruan, mencopot pejabat OPD yang terlibat dalam konspirasi pemufakatan jahat atas kasus tersebut. dan kami meminta Kepala Kejari Kabupaten Pasuruan, mengusut dan memproses hukum para pelaku tindak kejahatan korupsi yang merugikan masyarakat,” Ungkapnya.

Kami juga meminta, Lanjut Lujeng, “Kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Pasuruan untuk melaksanakan fungsinya dan kewenangan sebagaimana mestinya tanpa harus melakukan penyimpanan dan penyalahgunaan kewenangan (abuse of power) yang berakibat terjadinya KKN yang masive dan terstruktur,” Pungkas Kang Lujeng. (Gun)

sigap88.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Opini

Sosial & Budaya

spot_img
3,320FansSuka
683PengikutMengikuti
17,654PengikutMengikuti
406PengikutMengikuti
76,543PelangganBerlangganan

Nasional

Pojok Hikmah Kang Doel

Sedekah Jumat Berkah

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, sedekah adalah pemberian sukarela yang dilakukan seseorang kepada orang lain, bisa berupa apa saja, sedikit atau banyak, utamanya untuk fakir miskin. Sedekah adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Karena itu, pahala sedekah sangatlah banyak diantaranya dapat menjauhkan dari neraka, apalagi sedekah di hari Jum’at, Allah SWT akan mengahdiahkan pahala yang berlipat-lipat ganda. Sehingga di kalangan masyarakat sering menyebutnya dengan “sedekah Jumat berkah”

Sebagaimana Imam Syafi’i pernah berkata tentang keajaiban sedekah, “Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239)

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ “Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu do’a pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

Pahala Kebaikan Dilipatgandakan

Orang yang bersedekah di hari Jumat pahalanya akan digandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat dari sebutir kebajikan yang dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT., مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. al-Baqarah [2]: 216) Begitu mudah untuk melakukan perbuatan baik khususnya di hari Jumat, jangan tunda lagi mari bersama melatih bersedekah karena itu tidak akan menjadikan miskin atau habis harta kita, dengan sedekah semoga dapat mengugurkan dosa-dosa kita, diberikan kesehatan dan keberkahan baik kebahagiaan, kemuliaan bagi keluarga. Semoga Allah ta’ala selalu memberikan perlindungan kepada kita dan usia yang bermanfaat Aamiin ya robbal’alamiin.

Exclusive content

Indonesia Timur

Pendidikan & Kesehatan

Jateng Raya

Hukum & Kriminal